Implementasi Metode Pembelajaran Make and Match dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik pada Materi Hukum Bacaan Alif Lam Syamsiah dan Alif Lam Qomariah Kelas VII SMPN 2 Trimurjo Tahun Pelajaran 2022-2023
(Studi pada Guru di SMP)
Keywords:
Guru PAI, Guru, PAI, Metode, Pembelajaran, Strategi, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan dalam mengetahui Implementasi metode make and match dalam
pembelajaran Hukum Bacaan Alif Lam Syamsiah dan Alif Lam Qomariah Kelas VII di SMPN 2 Trimurjo.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas
Kelas VII SMPN 2 Trimurjo Tahun Pelajaran 2022 -2023 yang berjumlah 11 peserta didik. Perolehan data
melalui lembar tes, lembar observasi dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
implementasi pembelajaran dengan metode make and match, mengalami peningkatan secara signifikan terkait
hasil belajar Hukum Bacaan Alif Lam Syamsiah dan Alif Lam Qomariah. Hasil analisis menunjukkan bahwa
nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I adalah 75 dengan ketuntasan 63,64%, dan rata-rata hasil belajar
pada siklus II adalah 82,50 dengan ketuntasan 100%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat
peningkatan pada setiap siklusnya. Hasil penelitian dapat dijadikan pertimbangan guru, khususnya guru
pendidikan agama Islam yang mengajar di kelas VII dalam meningkatkan hasil belajar pada materi Hukum
Bacaan Alif Lam Syamsiah dan Alif Lam Qomariah Kelas VII dengan menerapkan metode make and
match (mencari pasangan).
References
Destriani, Rahmat Yudhi Septian, Nurhayani, Idi Warsah, and Ruly Morganna. “Implementasi Kurikulum Tersembunyi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Rejang Lebong.” Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan 9, no. 1 (2022): 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v9i1.632 Implementasi.
Warsah, Idi. “Pendidikan Keluarga Muslim Di Tengah Masyarakat Multi- Agama: Antara Sikap Keagamaan Dan Toleransi ( Studi Di Desa Suro Bali Kephiang- Bengkulu).” Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 13, no. 1 (2018): 1–24.
Ahyar, A., Nurhidayah, N., & Saputra, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. JIIP- Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5241–5246. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1242
Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299.
Asyhari, H., & Arsana, I. M. (2023). Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Dan Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Siswa Kelas X TKR 4 Di SMK Negeri 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 12(1), 19–24. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/50471
Aulia, D. N., Zulkarnaen, & Hidayati, N. (2022). Analisis Karakteristik Gaya Belajar VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik) Peserta Didik Kelas XI MIPA 4 di SMA Negeri 5 Samarinda. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, c, 16–19.
Cahyono, S. D. (2022). Melalui Model Teaching at Right Level (TARL) Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan KD. 3.2 /4.2 Topik Perencanaan Usaha Pengolahan Makanan Awetan dari Bahan Pangan Na. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12407–12418. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4431
Liang, H., Hsu, T., Hwang, G., Chang, S., & Chu, H.-C. (2021). A mandatory contribution-based collaborative gaming approach to enhancing students’ collaborative learning outcomes in Science museums. Interactive Learning Environments, 0(0), 1–15. https://doi.org/10.1080/10494820.2021.1897845
Lu, H. (2023). Statistical learning in sports education: A case study on improving quantitative analysis skills through project-based learning. Journal of Hospitality, Leisure, Sport & Tourism Education, 32(January), 100417. https://doi.org/10.1016/j.jhlste.2023.100417
Mubarokah, S. (2022). Tantangan Implementasi Pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) dalam Literasi Dasar yang Inklusif di Madrasah Ibtida’iyah Lombok Timur. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 165–179. https://doi.org/https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.582
Sari, S. P., Manzilatusifa, U., Handoko, S., & Belakang, L. (2019). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi (JP2EA), 5(2), 119–131. https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/329
Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Sasar di SDN Cikokol 2. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 7–17. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/assabiqun
Skjelstad Fredagsvik, M. (2022). Student approaches to creative processes when participating in an open-ended project in science. International Journal of Science Education, 44(10), 1583–1600. https://doi.org/10.1080/09500693.2022.2087239
Sofiyana, M. S., Ahdiyat, M., Malik, A., Hairunisya, N., Usriyah, L., & Dwiantara, L. (2021). Pancasila Merdeka Belajar Dan Kemerdekaan Pendidik (Hayat (ed.)). Unisma Press.
Sufyadi, S., Lambas, Rosdiana, T., Rochim, F. A. N., Novika, S., Iswoyo, S., Hartini, Y., Primadona, M., & Mahardika, R. L. (2021). Paradigma Baru. Pusat Asesmen dan Pembelajaran.
Yulianci, S., Ningsyih, S., & Hidayah, M. S. (2022). Pengaruh Pembelajaran dengan Metode Teaching at The Right Level (TaRL) Terhadap Kemampuan Literasi Dasar Siswa. Seminar Nasional INOVASI Tahun 2022, 22–27. http://semnas.tsb.ac.id
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ruslan Yusuf Yusuf
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.