MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS 4 DALAM MENGHAFAL QS.AL-FALAQ MELALUI METODE DRILL DI SDN 154 REJANG LEBONG

Studi pada siswa kelas 4 di SDN 154 Rejang Lebong

Authors

  • Dina Rama Yanti SD Negeri 154 Rejang Lebong

Keywords:

Kemampuan Menghafal, metode drill

Abstract

Pembelajaran menghafal Al-Qur’an sudah seharusnya diajarkan kepada setiap peserta didik muslim disemua jenjang Pendidikan seperti Sekolah Dasar (SD). Pembelajaran menghafal Al-Qur’an merupakan salah satu materi pada mata pelajaran agama islam di sekolah untuk memberi bekal kepada siswa untuk memudahkan dalam memahami dan mengingat isi kandungan Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan analisi data kuantitatif dan kualitatif. Terdapat dua siklus penelitian, setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode drill dapat meningkatkan kemapuan siswa kelas 4 dalam menghafal surat Al-Falaq. Hal ini terlihat dari hasil tes belajar dari siklus I dan siklus II yang meningkat dari 62% menjadi 85%. Dengan demikian, kesimpulan dari penelitian ini bahwa keberhasilan pembelajaran Pendidikan Agama Islam SDN 154 Rejang Lebong dilihat dari hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui metode drill.

References

Raghib As-Sirjani & Abdurrahman A.Khaliq, Cara Cerdas Hafal Al-Qur’an, (Yogyakarta:Aqwam, 2010)

Ace plim, Abdurohim, Pedoman Ilmu Tajwid, (Bandung, Diponegoro, 2003)

Martinis Yamin, Kiat Membelajarkan Siswa, (Jakarta,Gaung Persada Press, 2007)

Ramayulis, Metode Pendidikan Islam, (Jakarta mulia, 2008, cet. Ke-5)

Syaiful Bahri Djamarah & Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)

Slamet, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010), cet ke-5

Nana, Sudjana, Dasar-dasar Proses belajar mengajar, (Bandung, Sinar Baru Algesindo), 1989

Zakiah Daradjat, Zakiah, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, (Bumi Aksara, Jakarta, 2004)

Suharsimi Arikunto, Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta:Bumi Aksara,2009)

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi VI, (Jakarta: Rineka Cipta, 2006)

Downloads

Published

2023-08-19

Issue

Section

Articles