Penggunaan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berwudhu Siswa di Kelas VII SMPN 35 Rejang Lebong

Siswa kelas VII SMPN 35 RL

Authors

  • endang fauzia smp negeri 35 rejang lebong

Abstract

Abstrak: kajiannya dilatar belakangi karena banyak siswa kelas VII yang belum bisa melaksanakan wudhu dengan baik dan benar. Hal ini terlihat dari perolehan nilai prakterk yang belum mencapai KKM. Dari 14 siswa di kelas VII hanya 5 siswa atau 35,7% yang tuntas KKM, berarti masih ada 9 siswa yang belum tuntas pada materi wudhu. Peneliti berupaya keras untuk melakukan perbaikan dalam pembelajaran wudhu melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode demonstrasi melalui tiga siklus. Hasil penelitian perbaikan pembelajaran mengalami peningkatan pada maeteri wudhu dari pembelajaran awal 35,7% meningkat menjadi 64,3% disiklus I, meningkat menjadi 71,4% pada siklus II dan pada siklus III meningkat menjadi 92,8%. Dengan demikian perbaikan pembelajaran PAI pada materi wudhu dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam melaksanakan wudhu.

Kata Kunci: Metode Demonstrasi, PTK, Wudhu.

References

Ahsan. M,. Sumiyati. Mustahdi. (2017). Pendidikan Agama Islam dan Budi Perkerti. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Amirudin. (2023). Metode-Metode Mengajar Perspektif Al-Qur’an Hadist dan Aplikasinya Dalam Pembelajaran PAI. Yogyakarta: Grup Penerbitan CV Budi Utama.

Rosmiaty. A. (2019). Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Perpustakaan Nasional; Katalog Dalam Terbitan (KDT).

Supariyah. (2023). Pembelajaran PAI Menggunakan Metode Demonstrasio. Semarang: Cahya Ghani Recovery.

Syamsuri., A., S. (2021). Pendidikan Guru dan Pembelajaran. Yogyakarta: PT. Nas Media Indonesia.

Undang – Undang Republik Indonesia. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Downloads

Published

2023-08-19

Issue

Section

Articles