Penerapan Metode Drill dalam Meningkatkan Keterampilan Gerakan Shalat Siswa Kelas III SDN 46 Rejang Lebong Tahun 2021/2022

Study pada Siswa Kelas III SDN 46 Rejang Lebong

Authors

  • ANNA TAMAMAH SDN 46 REJANG LEBONG

Keywords:

Guru, PAI, METODE SHALAT

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode drill dalam meningkatkan keterampilan gerakan shalat siswa kelas III SDN 46 Rejang Lebong tahun ajaran 2021/2022. Latar belakang masalah penelitian ini adalah lemahnya proses pembelajaran khususnya pembelajaran PAI di mana siswa kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berfikirnya. Proses pembelajaran di kelas diarahkan agar siswa mampu menghafal informasi. Otak siswa dipaksa untuk mengingat dan menimbun informasi tanpa dituntut untuk memahami informasi yang diingatnya untuk menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari. Materi shalat merupakan materi mendasar yang wajib dikuasai setiap siswa muslim. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada materi tersebut, guru dituntut untuk membelajarkannya dengan metode atau strategi yang tepat, salah satunya menggunakan metode drill. Metode drill dinilai tepat digunakan pada materi tersebut karena metode tersebut dapat menanamkan keterampilan yang bersifat gerak atau motorik. Metode yang disebut metode latihan ini dimaksudkan untuk memperoleh ketangkasan atau keterampilan latihan terhadap aya yang dipelajari, karena hanya dengan melakukan secara praktis suatu pengetahuan dapat disempurnakan dan disiapsiagakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, setiap siklusnya dua kali pertemuan. Tahapan yang dilakukan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Observasi, interview dan dokumentasi digunakan penulis sebagai alat pengumpul data. Hasil penelitian diperoleh pesentase peserta didik yang mencapai ketuntasan. Siklus I pertemuan 1 menunjukkan 12 anak dengan tingkat ketuntasan 372% dan pertemuan 2 meningkat menjadi 527%. Pada siklus II terdapat 21 anak dengan tingkat ketuntasannya sebesar 651%. Kesimpulannya adalah penggunaan metode drill dapat meningkatkan keterampilan gerakan shalat siswa kelas III SDN 46 Rejang Lebong.

References

Arikunto, Suharsimi. " Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik". Jakarta: Rineka Cipta, Edisi Revisi. 2006

H. Sulaiman Rasyid. "Fiqih Islam". Bandung: Sinar Baru Algensido. 2010

Hasbi Ash Shiddieqy, "Pedoman Shalat". Jakarta: Bulan Bintang. 1992

Hisyam Zaini, Strategi Pembelajaran Akif , Yogyakarta:Insan Madani, RP Pess, 2008

Mulyasa, E. " Praktik Penelitian Tindakan Kelas". Bandung: PT. Remaja Rosda Karya. 2009

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif , Bandung: Rosdakarya, 2012

Sanjaya, Wina. "Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan". Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009.

Umar, M. Basyirudin. “Metodoligi Pembelajaran Agama Islam.” Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Downloads

Published

2023-08-19

Issue

Section

Articles