Peningkatan Keterampilan Proses Sains dengan Metode Disukusi dan Media Benda-Benda Terdekat
Penelitian Pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Lahat kelas 4
Keywords:
Guru Kelas, Pembelajaran IPAS, Kelas 4, Madrasah IbtidaiyahAbstract
Rendahnya penguasaan kemampuan keterampilan proses sains IPA kemungkinan besar dikarenakan guru kurang tepat dalam memilih cara atau media dalam pembelajaraan. Peneliti melakukan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif di kelas 4 MIN 2 LAHAT. Hasilnya menunjukkan bahwa meningkatkan aktivitas pembelajaran, mempertinggi interaksi antar siswa dan keja sama kelompok, serta meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran IPAS terutama materi Panca Indra.
References
Aqip, Zainal. 2003. Karya Tulis Ilmiah Bandung: Yrama Widya.
Degeng, Nyoman Sudana.1997. Strategi Pembelajaran. Malang: Ikip
Malang.
Depdikbud. 2004. Kurikulum Pendidikan Dasar, Garis-garis Program
Pengajaran (GBPP). Jakarta: Depdikbud.
Hamalik, Umar. 1982. Media Pendidikan. Bandung: Alumni.
Kamisa. 1997. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Kartika.
Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Remaja Rosda Karya.
Wibawa, Basuki. 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Direktorat Tenaga
Kependidikan.
Direktorat Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
Kompleks Kemendikbud. Modul Ajar Pembelajaran IPAS. Jakarta : 2023
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jonsa Ali Muslimin, khoirani Rani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.