Penerapan Metode Cerita Al-Qur'an dalam Meningkatkan Minat Baca Al-Qur'an pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • muhammadtaufiq MAS DARUL A'MAL METRO LAMPUNG

Keywords:

Metode Cerita Al-Qur'an, Minat Baca, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penerapan metode cerita Al-Qur'an dalam meningkatkan minat baca Al-Qur'an pada siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode cerita Al-Qur'an secara signifikan meningkatkan minat baca Al-Qur'an pada siswa sekolah dasar. Temuan ini memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan strategi pembelajaran Al-Qur'an di lingkungan pendidikan dasar.

References

Destriani, Destriani, and Idi Warsah. “Teacher Strategy Deep Develop Intelligence Linguistics Student.” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 2 (2022): 135. https://doi.org/10.29240/belajea.v7i2.4725.

Marinda, L. “Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar.” An-Nisa’: Journal of Gender Studies, 2020. http://annisa.uinkhas.ac.id/index.php/annisa/article/view/26.

Parluhutan Siregar. “Integrasi Ilmu-Ilmu Keislaman Dalam Perspektif M. Amin Abdullah.” MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 38, no. 2 (2014): 335–54.

Saepudin, Juju. “Pengembangan Kurikulum Pai Di Sekolah Unggulan.” Nur El-Islam 1 (2014): 29–47. https://media.neliti.com/media/publications/226454-pengembangan-kurikulum-pai-di-sekolah-un-dae613f8.pdf.

Sikrun, M. “Mengajak Peserta Didik Kelas XI Untuk Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran PAI Tahun 2022.” GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2022. http://202.162.210.184/index.php/guau/article/view/772.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.

———. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta,CV., 2019.

Syahri, Andi Alim, and Nur Ahyana. “Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Menurut Teori Anderson Dan Krathwohl.” Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran 1, no. 1 (2021): 41–52. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i1.16.

Warsah, Idi, Ibnu Hasyim, and Muhammad Istan. “Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pemanfaatan Teknologi Untuk Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemik Covid-19.” Journal of Education and Instruction (JOEAI) 4, no. 2 (2022): 623–32. https://doi.org/10.31539/joeai.v4i2.3212.

Warsah, Idi, Yusron Masduki, Imron, Mirzon Daheri, and Ruly Morganna. “Muslim Minority in Yogyakarta: Between Social Relationship and Religious Motivation.” Qudus International Journal of Islamic Studies 7, no. 2 (2019): 367–98. https://doi.org/10.21043/qijis.v7i2.6873.

Wiyani, N A. “Pendidikan Agama Islam Berbasis Anti Terorisme Di SMA.” Jurnal Pendidikan Islam, 2013. https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/JPI/article/view/1128.

Downloads

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles