Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar

Authors

  • Rahmatul Hidayat MTS.MUHAMMAD DAUD

Keywords:

Pendidikan Karakter, Kurikulum, Pendidikan Agama Islam, Sekolah Dasar

Abstract

Abstrak: Abstrak ini membahas pentingnya pendidikan karakter dalam konteks kurikulum pendidikan agama Islam di sekolah dasar. Pendidikan karakter merupakan aspek integral dalam pembentukan kepribadian dan moral peserta didik. Dalam konteks pendidikan agama Islam, penguatan nilai-nilai etika, moralitas, dan spiritualitas menjadi landasan utama. Artikel ini menguraikan konsep pendidikan karakter, relevansinya dalam konteks pendidikan agama Islam, dan implementasinya dalam kurikulum sekolah dasar. Penekanan pada pengembangan sifat-sifat mulia, seperti kejujuran, tanggung jawab, dan kasih sayang, menjadi fokus utama dalam menciptakan generasi yang berintegritas dan berakhlak baik. Dengan merancang kurikulum yang menekankan pendidikan karakter, diharapkan mampu menciptakan lingkungan pendidikan yang holistik, mencakup aspek akademis dan moral, guna membentuk insan yang berdaya saing dan berbudi pekerti luhur.

References

ANNISA, A R. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PAI MATERI MENGUTAMAKAN KEJUJURAN DAN MENEGAKANKEADILANKELAS VIII DI SMP. repository.radenintan.ac.id, 2022. http://repository.radenintan.ac.id/19882/.

Crawford, James J., Adam R. Johnson, Dinah L. Misner, Lisa D. Belmont, Georgette Castanedo, Regina Choy, Melis Coraggio, et al. “Discovery of GDC-0853: A Potent, Selective, and Noncovalent Bruton’s Tyrosine Kinase Inhibitor in Early Clinical Development.” Journal of Medicinal Chemistry 61, no. 6 (March 2018): 2227–45. https://doi.org/10.1021/ACS.JMEDCHEM.7B01712/SUPPL_FILE/JM7B01712_SI_001.CSV.

Destriani, Maria Botifar, and Deri Wanto. “Implementing Islamic Religious Education in Vocational Schools’ Curricula.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 10, no. 2 (2023): 274–84. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1167.

Irawan, Dodi, Karolina Asri, Destriani, Ade Surya, and Ridwan Saleh. “Pengaruh Penggunaan Mind Mapping Dalam Pembelajaran Fiqih Terhadap Pemahaman Siswa.” Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam 2, no. 2 (2022): 219–28. https://doi.org/10.19109/pairf.v1i4.3225.

Kaniawati, I. “PEMBELAJARAN STEM: UPAYA MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA DI ABAD 21.” JURNAL MAJELIS. mpr.go.id, n.d. https://www.mpr.go.id/img/jurnal/file/110422_2021 _ Jurnal Majelis Ed. 3 - Arah & Kebijakan Pembangunan Nasional Bidang Pendidikan dan Kebudayaan.pdf#page=176.

Kholifah, N, H Subakti, A N C Saputro, M Nurtanto, and ... “Inovasi Pendidikan.” Yayasan Kita Menulis, 2021.

Salmia, S, R Rosleny, and I Idawati. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Menuju Pembelajaran Abad 21.” Indonesian Journal of Primary …, 2020. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/22362.

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta,CV., 2018.

———. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta,CV., 2019.

Warsah, Idi, Destriani, Rahmat Yudhi Septian, and Nurhayani. “Implementasi Kurikulum Tersembunyi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Rejang Lebong.” Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan 9, no. 1 (2022): 1–11. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v9i1.632.

Downloads

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles