Evaluasi Penggunaan Metode Bermain Peran dalam Pembelajaran Kisah Nabi dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD

Authors

  • wiwit min3 way kanan

Keywords:

Metode Bermain Peran, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas metode bermain peran dalam pembelajaran kisah Nabi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar (SD). Metode bermain peran diimplementasikan untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam memahami nilai-nilai moral dan ajaran agama Islam yang terkandung dalam kisah Nabi. Penelitian dilakukan dengan menggunakan desain eksperimen pra-post, melibatkan dua kelompok siswa di kelas yang sama, satu kelompok sebagai kelompok kontrol yang menerima pembelajaran konvensional, dan kelompok lainnya sebagai kelompok eksperimen yang menerapkan metode bermain peran. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode statistik yang sesuai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain peran efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap kisah Nabi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD.

References

Destriani, and Idi Warsah. “PEMANFAATAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU.” SITTAH: Journal of Primary Education 3, no. 2 (2022): 175–90.

Hadi, Samsul. “Pengembangan Desain Pembelajaran Dengan Model Contextual Teaching and Learning Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Asembagus.” El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama 4, no. 2 (2016): 193–212. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/view/2639.

Haryati, Siska, Aji Sudarsono, and Eko Suryana. “Implementasi Data Mining Untuk Memprediksi Masa Studi Mahasiswa Menggunakan Algoritma C4.5 (Studi Kasus: Universitas Dehasen Bengkulu).” Jurnal Media Infotama 11, no. 2 (2015): 130–38.

Mawardi. “Merancang Model Dan Media Pembelajaran.” Jurnal Penididkan Dan Kebudayaan 8, no. 1 (2017): 26–40.

Nurhayati, R. MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SOSIAL ANAK MELALUI BERMAIN PERAN DI KELOMPOK BERMAIN LABORATORIUM PGPAUD UPI. repository.upi.edu, 2013. http://repository.upi.edu/id/eprint/5350.

Ramadhan, Syahru. “KREATIVITAS GURU SD/MI DALAM MENDESAIN PEMBELAJARAN PAI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENANAMAN SIKAP TOLERANSI SISWA DI MIN 1 SILA.” KREATIF: Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam 18, no. 2 (July 2020): 181–205. https://doi.org/10.52266/KREATIF.V18I2.512.

Rohman, Nur. “Peran Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Perspektif Manajemen Mutu Terpadu Studi Kasus Di Sdut Bumi Kartini Jepara.” Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam 14, no. 2 (2017). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v14i2.625.

Sumarsono, W, and S Sugiyanto. “Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Untuk Praktikum Aplikasi Transistor.” UPEJ Unnes Physics Education …, 2019. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/view/35625.

Warsah, Idi, Destriani, Rahmat Yudhi Septian, and Nurhayani. “Implementasi Kurikulum Tersembunyi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Rejang Lebong.” Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan 9, no. 1 (2022): 1–11. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v9i1.632.

Zaini, B. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Program Akselerasi.” ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan Dan …, 2020. https://www.e-journal.stit-islamic-village.ac.id/istighna/article/view/44.

Downloads

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles