Implementasi Pendekatan Mindfulness dalam Pembelajaran Akhlak Mulia untuk Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis Siswa SD
Keywords:
Mindfulness,, Pembelajaran Akhlak Mulia, Kesejahteraan Psikologis, Penelitian TindakanAbstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengimplementasikan pendekatan mindfulness dalam konteks pembelajaran akhlak mulia di sekolah dasar (SD). Mindfulness diintegrasikan ke dalam kurikulum untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis siswa. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian tindakan. Partisipan penelitian melibatkan siswa SD yang terlibat dalam sesi pembelajaran khusus berbasis mindfulness selama periode tertentu. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara, dan kuesioner kesejahteraan psikologis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendekatan mindfulness berkontribusi positif terhadap peningkatan pemahaman siswa terkait akhlak mulia dan merangsang peningkatan kesejahteraan psikologis mereka.
References
Henricus Suparlan, Tin Dels Marce, Welius Purbonuswanto, Utari Sumarmo, Ahmad Syaikhudin, Tri Andiyanto, Imam Gunawan, et al. “Imam Gunawan.” PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan 2, no. 1 (2015): 4–6.
Khalis, N. “Membaca Peluang Dan Tantangan Paradigma Baru Pendidikan Islam Di Era Millenial.” Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan. e-journal.metrouniv.ac.id, 2019. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/tarbawiyah/article/download/1695/1337.
Lase, Delipiter. “Eksistensi Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Sundermann 12, no. 2 (2010): 28–43. https://doi.org/10.53091/jtir.v1i1.17.
Nasution, Mulyadi Hermanto. “Metode Nasehat Perspektif Pendidikan Islam.” Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman Vol 5, no. 1 (2020): hal.60.
Rachmawati, N. “Penggunaan Aplikasi Mobile Mindfulness GFR Bermanfaat Untuk Mengelola Stres Mahasiswa Di Akademi Keperawatan YKY Yogyakarta.” Health Information: Jurnal Penelitian, 2020. https://myjurnal.poltekkes-kdi.ac.id/index.php/HIJP/article/view/205.
Rahayu, S. Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Kelas VII. 3 SMP Negeri 1 Pinrang. repository.iainpare.ac.id, 2018. http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/669.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.
Sutarto, Sutarto, Idi Warsah, Khusnul Khotimah, Endang Prastuti, and Ruly Morganna. “Adaptation of the Cognitive and Affective Mindfulness Scale (CAMS-R) to Indonesian Version and Its Validation: Muslim Mothers-Data Driven.” Islamic Guidance and Counseling Journal 5, no. 1 (2022): 40–55. https://doi.org/10.25217/igcj.v5i1.2590.
Umam, Muhamad Khoirul. “Rekonstruksi Pendidikan Islam Integrasi Dalam Kerangka Pendidikan Profetik Transformatif.” Inarxiv, 2018. https://osf.io/preprints/inarxiv/vxd9g/.
Utomo, Khoirul Budi. “Strategi Dan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam MI.” MODELING:Jurnal Program Studi PGMI 5, no. 2 (2018): 145–56. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/331.
Waluyo, W, and S Sukatiman. “Peningkatan Minat Guru Pada Perencanaan Penelitian Tindakan Kelas Berkarakter Pembelajaran Abad-21.” … : Jurnal Pendidikan, Sosial …, 2021. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/qalamuna/article/view/961.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 hafiz hush sholihin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.