Strategi Peningkatan Keterampilan Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Kepedulian Sosial Siswa

Authors

  • sumiryani MTs mamba'ul Ulum

Keywords:

Guru PAI, Keterampilan Mengajar, Pemahaman Konseptual dan Praktikal

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengembangkan strategi yang efektif dalam meningkatkan keterampilan mengajar guru Pendidikan Agama Islam (PAI) guna menumbuhkan keprihatinan sosial siswa. Penelitian ini melibatkan analisis keterampilan mengajar guru PAI dan dampaknya terhadap tingkat kepedulian sosial siswa. Metode penelitian yang digunakan mencakup observasi kelas, wawancara dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen terkait kurikulum PAI. Hasil penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang kendala yang dihadapi guru PAI dalam mengajarkan nilai-nilai sosial dalam konteks keislaman. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini mengusulkan sejumlah strategi dan pendekatan yang dapat diterapkan untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru PAI agar dapat lebih efektif menanamkan nilai-nilai kepedulian sosial pada siswa.

References

Anuli, Y. “Penerapan Supervisi Klinis Oleh Pengawas Dalam Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru.” TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2018. https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/504.

Erbil, D G. “A Review of Flipped Classroom and Cooperative Learning Method within the Context of Vygotsky Theory.” Frontiers in Psychology. frontiersin.org, 2020. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.01157.

Fujiyanto, Ahmad, Asep Kurnia Jayadinata, and Dadang Kurnia. “Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Antar Makhluk Hidup.” Jurnal Pena Ilmiah 1, no. 1 (2016): 841–50.

Hakim Saifuddin, Lukman. Moderasi Beragama. Badan Litbang Dan Diklat Kementerian Agama RI Gedung Kementerian Agama RI Jl.MH. Thamrin No.6 Lt. 2 Jakarta Pusat. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, 2019.

Karim, Abdul. “Sejarah Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Metodologi Penelitian.” Fikrah Jurnal Ilmu Aqidah Dan Studi Keagamaan 2, no. 1 (2014): 273–89. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/fikrah/article/view/563.

M. Kholil Asy’ari. “Metode Pendidikan Islam.” Qathrunâ 01, no. 1 (2014): 193–205.

Nasution, Mulyadi Hermanto. “Metode Nasehat Perspektif Pendidikan Islam.” Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman Vol 5, no. 1 (2020): hal.60.

Ratnawati. “Peranan Guru Sebagai Model Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2018, 1–11.

Sopaheluwakan, A R. “Pengaruh Pengalaman Diklat Dan Motivasi Mengajar Terhadap Penguasaan Materi PAI Di SD Negeri Se-Kecamatan Kota Masohi Kabupaten Maluku Tengah.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 2019. http://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/102.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2011.

Warsah, Idi, Destriani, Rahmat Yudhi Septian, and Nurhayani. “Implementasi Kurikulum Tersembunyi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Rejang Lebong.” Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan 9, no. 1 (2022): 1–11. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v9i1.632.

Downloads

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles