Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Digital di Era Society 5.0
Keywords:
Inovasi pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, digital, Society 5.0, teknologi pendidikan.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis inovasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis digital di era Society 5.0. Era Society 5.0, yang mengintegrasikan teknologi canggih dengan kehidupan sosial, membawa tantangan dan peluang baru dalam proses pembelajaran, termasuk di bidang Pendidikan Agama Islam. Inovasi dalam pembelajaran PAI berbasis digital mencakup penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk memperkaya pengalaman belajar, meningkatkan keterlibatan siswa, dan memfasilitasi pembelajaran yang lebih interaktif dan personal. Penelitian ini mengeksplorasi berbagai aplikasi teknologi digital yang dapat digunakan dalam pembelajaran PAI, seperti platform e-learning, aplikasi mobile, dan media sosial, serta dampaknya terhadap efektivitas dan kualitas pendidikan. Selain itu, penelitian ini juga menyoroti tantangan yang dihadapi dalam implementasi pembelajaran berbasis digital, seperti keterbatasan akses teknologi dan resistensi terhadap perubahan. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pengembangan kebijakan pendidikan yang lebih adaptif terhadap perkembangan teknologi serta memperkaya praktik pembelajaran PAI di sekolah-sekolah Indonesia.
References
Danim, Sudarwan. Menjadi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV PustakaSetia, 2002.
Destriani. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Menuju Society Era 5.0.” International Journal Of Educational Resources 2, no. 06 (2021): 648–64.
Destriani, D. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Menuju Society Era 5.0.” INCARE, International Journal of Educational …, 2022. http://www.ejournal.ijshs.org/index.php/incare/article/view/356.
Destriani, Rasmini, Amriyadi, and Hezi Jeniati. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Pemahaman Literasi Keagamaan.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 9, no. 1 (2022): 1–12.
Eko Saputra, Aripin. “Startegi Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Dan Siswi SMP PGRI 6 Bandar Lampung.” Universitas Lampung, 2019.
Hasan, A, A Aslan, and U Ubabuddin. “Kurikulum Pai Tematik Dalam Pembentukan Akhlaq Anak Sholeh Pada Usia Dini.” Cross-Border, 2021. http://journal.iaisambas.ac.id/index.php/Cross-Border/article/view/672.
Herizal, H, N Nuraina, and ... “Profil TPACK Mahasiswa Calon Guru Matematika Dalam Menyongsong Pembelajaran Abad 21.” JISIP (Jurnal Ilmu …, 2022. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/2665.
Kurniawati, L. “Analisis Kesenjangan Literasi Digital Mahasiswa Program Studi PAI PTKIN Indonesia.” Repository.Uinjkt.Ac.Id, n.d. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/38121.
Putri, Neni, Hamengkubuwono, Emmi Kholilah Harahap, and Destriani. “Strategies To Improve the Quality of Education.” International Journal of Health, Economics, and Social Sciences (IJHESS) Vol. 6, no. 3 (2024): 776–84. https://doi.org/10.30587/ivrj.v3i2.8404.
Putri, Neni, Murni Yanto, Muhammad Istan, and Destriani. “REVOLUSI TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI ZAMAN GLOBALISASI.” JURNAL TARBIYATUNA: Kajian Pendidikan Islam 8 (2024).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 ririnaf
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.