Integrasi Teknologi Virtual Reality dalam Pembelajaran : Inovasi Pengalaman Interaktif di Era Digital

Authors

  • nanda SDN 31 RL

Keywords:

Virtual Reality, Pendidikan Agama Islam, pembelajaran interaktif, teknologi pendidikan, inovasi digital.

Abstract

Pengintegrasian teknologi Virtual Reality (VR) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) menawarkan pendekatan inovatif untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif, imersif, dan menarik di era digital. Teknologi VR memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi konten PAI melalui simulasi lingkungan virtual yang realistis, seperti perjalanan ke tempat-tempat bersejarah Islam, pengenalan ibadah, dan pembelajaran nilai-nilai keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manfaat, tantangan, dan potensi penerapan VR dalam pembelajaran PAI. Metode yang digunakan adalah studi literatur dan observasi terhadap implementasi VR di beberapa institusi pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi VR dapat meningkatkan pemahaman konsep, motivasi belajar, serta keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Namun, tantangan utama meliputi biaya implementasi, ketersediaan perangkat, serta kebutuhan pelatihan guru. Integrasi VR dalam PAI dapat menjadi solusi transformasi pendidikan menuju digitalisasi yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan generasi digital.

References

Abdussamad, H. Zuchri, dan M. Si Sik. Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press, 2021. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=JtKREAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=METODE+PENELITIAN+KUALITATIF&ots=vDCzyV45O1&sig=_4YhBSIwAbIiocP3mDOsxnCpj3o.

Afida, Ifa, Eka Diana, dan Dhevin MQ Agus Puspita. “Merdeka Belajar dan Pendidikan Kritis Paulo Friere dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman 12, no. 02 (2021): 45–61.

Angraini, Trisseda, Lasmaida N. Saragi, Miftahul Jannah, dan M. Sopian. “Perubahan Paradigma Peran Guru Dalam Pembelajaran Era Digital.” Dalam Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 2017. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/1389.

Astuti, Santi Indra, dan Juli R. Binu. “Memberdayakan Komunitas Lokal dalam Gerakan Literasi Digital.” Jurnal Riset Jurnalistik dan Media Digital 2, no. 2 (2022): 77–90.

Destriani, Destriani. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Menuju Society Era 5.0.” INCARE, International Journal of Educational Resources 2, no. 6 (2022): 647–64.

———. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Menuju Society Era 5.0.” INCARE, International Journal of Educational Resources 2, no. 6 (2022): 647–64.

Destriani, Destriani, dan Deriwanto Deriwanto. “Pendidikan Toleransi dalam Pembelajaran Akidah Akhlak.” Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 1 (2023): 1–7.

Herawan, E. “Literasi Numerasi Di Era Digital Bagi Pendidik.” Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV, 2022. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/19826 http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/viewFile/19826/6360.

Islamy, Athoillah. “Pendidikan Islam Multikultural Dalam Indikator Moderasi Beragama Di Indonesia.” Jurnal Analisa Pemikiran Insaan Cendikia 5, no. 1 (2022): 48–61.

Sulistianingsih, A S, dan D Kustono. “Potensi Penggunaan Teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dalam Pembelajaran Sejarah Arsitektur di Era Pandemi Covid-19.” Jupiter (Jurnal Pendidikan łdots, 2022. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JUPITER/article/view/12262 http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JUPITER/article/download/12262/4091.

Downloads

Published

2024-01-22

Issue

Section

Articles