Pengaruh Metode Gamifikasi dalam Meningkatkan Pemahaman Nilai-Nilai Akhlak pada Siswa Sekolah Dasar
Keywords:
gamifikasi, nilai-nilai akhlak, pendidikan karakter, siswa sekolah dasar, pembelajaran interaktif.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode gamifikasi dalam meningkatkan pemahaman nilai-nilai akhlak pada siswa sekolah dasar. Gamifikasi merupakan pendekatan pembelajaran yang menggunakan elemen-elemen permainan untuk menciptakan pengalaman belajar yang interaktif, menarik, dan menyenangkan. Dalam konteks pendidikan akhlak, metode ini memungkinkan siswa untuk belajar melalui tantangan, penghargaan, dan simulasi yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan melibatkan siswa sekolah dasar sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode gamifikasi secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai akhlak, seperti kejujuran, tanggung jawab, dan kerja sama. Selain itu, metode ini juga meningkatkan motivasi belajar siswa dan memperkuat interaksi antara guru dan siswa. Dengan demikian, gamifikasi dapat menjadi inovasi pembelajaran yang efektif dalam menanamkan nilai-nilai akhlak sejak usia dini.
References
Achadi, Muh Wasith. “Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional.” Al Ghazali 1, no. 2 (31 Desember 2018): 152–67.
Aflisia, Noza, Afrial Afrial, dan Asri Karolina. “Konsep Kewajiban Manusia Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Islam.” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 1 (2 Juni 2022): 1–18. https://doi.org/10.29240/belajea.v7i1.3273.
Ali, Asmawati Mohamad, Norizal Abdul Karim, Anita Mohamed, dan Noraihan Ismail. “Aplikasi gaya pengajaran dan pembelajaran aktif dalam subjek Kemahiran Dinamika bagi merealisasikan pendidikan abad ke-21.” Sains Humanika 10, no. 3–2 (2018). https://sainshumanika.utm.my/index.php/sainshumanika/article/view/1487.
“Analisis Nilai-nilai Moderasi Beragama pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VI dan Upaya Mewujudkannya di MIN 1 Lebong | Jurnal Literasiologi.” Diakses 11 September 2024. https://jurnal.literasikitaindonesia.com/index.php/literasiologi/article/view/593.
Anditya, A W. “Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Melalui Kontrol Sosial Oleh Media Massa Untuk Menekan Kejahatan di Indonesia.” Nurani Hukum, 2020. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/nhk/article/view/8463 http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/nhk/article/download/8463/5937.
Basyah, N A, dan Z A Razak. “Metode Kualitatif Dalam Riset Bisnis: Satu Tinjauan.” Jurnal Economica Didactica, 2020. https://jurnal.unsyiah.ac.id/JED/article/view/18369 https://jurnal.unsyiah.ac.id/JED/article/viewFile/18369/13037.
Budiyono, Budiyono, Wiryanto Wiryanto, Suprayitno Suprayitno, dan M. Gita Primaniarta. “Persepsi Mahasiswa Pendidikan Dasar terhadap Gamifikasi dalam Pendidikan STEAM.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7, no. 3 (2023): 3591–3603.
Destriani, Destriani. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Menuju Society Era 5.0.” INCARE, International Journal of Educational Resources 2, no. 6 (2022): 647–64.
Firdaus, Ridho, dan Muhammad Faisal. “Pengabdian pada perguruan tinggi: Publikasi gamifikasi dalam pendidikan.” ADI Pengabdian Kepada Masyarakat 2, no. 1 (2021): 19–25.
Kamila, Aiena. “Pentingnya Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Moral dalam Membina Karakter Anak Sekolah Dasar.” Al-Furqan: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya 2, no. 5 (2023): 321–38.
Monicha, Ririn Eka, Lukman Asha, Asri Karolina, Eka Yanuarti, Maryamah Maryamah, Mardeli Mardeli, dan Nyayu Soraya. “Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menghadapi Era Milenialdi Sma Negeri 2 Rejang Lebong.” Tadrib 6, no. 2 (2020): 199–214.
Septiana, Nanda, dan Mutik Nur Fadhilah. “Pemanfaatan Gamifikasi dalam Ekopedagogi untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Anak.” GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2024, 239–53.
Umar, N, dan W Wiguna. “Gamifikasi Media Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile di Sekolah Dasar Negeri Sindangmulya II.” eProsiding Sistem Informasi (POTENSI), 2020. http://eprosiding.ars.ac.id/index.php/psi/article/view/232 https://eprosiding.ars.ac.id/index.php/psi/article/download/232/126.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 yenti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.