Penerapan Pembelajaran Berbasis AI dalam Pendidikan Agama Islam untuk Generasi Z dan Alpha

Authors

  • agustina SDN 34 Rejang Lebong

Keywords:

Artificial Intelligence, Pendidikan Agama Islam, generasi Z, generasi Alpha, pembelajaran berbasis teknologi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran berbasis Artificial Intelligence (AI) dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) yang dirancang khusus untuk generasi Z dan Alpha. Generasi ini dikenal dengan karakteristiknya yang sangat akrab dengan teknologi, sehingga metode pembelajaran konvensional sering kali kurang menarik dan relevan bagi mereka. Pembelajaran berbasis AI menawarkan solusi inovatif untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih personal, interaktif, dan adaptif sesuai dengan kebutuhan dan preferensi individu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur dan observasi pada implementasi pembelajaran berbasis AI di bidang PAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi AI, seperti chatbot, virtual tutors, dan analitik pembelajaran, dapat meningkatkan pemahaman nilai-nilai agama, motivasi belajar, dan keterlibatan siswa. Namun, tantangan seperti kesiapan infrastruktur, kompetensi guru, dan etika penggunaan teknologi harus diatasi untuk memastikan keberhasilan implementasi. Dengan strategi yang terencana, pembelajaran berbasis AI berpotensi menjadi solusi transformasi pendidikan agama yang relevan dengan karakteristik generasi Z dan Alpha.

References

Abdussamad, H. Zuchri, dan M. Si Sik. Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press, 2021. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=JtKREAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=METODE+PENELITIAN+KUALITATIF&ots=vDCzyV45O1&sig=_4YhBSIwAbIiocP3mDOsxnCpj3o.

Alfatih, Abdullah Muhammad, Hannatul Jannah, dan Raharjo Raharjo. “Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Multimedia Interaktif di Madrasah ibtidaiyah.” SITTAH: Journal of Primary Education 5, no. 2 (2024): 128–41.

Alinata, Reza, Winda Atika Sari, dan Yuli Kartika Putri. “Makna Pendidikan Dalam Perspektif Islam dan Relevansinya Dengan Pendidikan di Indonesia.” IHSANIKA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 3 (2024): 169–82.

Amin, H. Misbahuddin. “Dakwah Kultural menurut Perspektif Pendidikan Islam.” Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 2 (2020): 71–84.

Angyun, K. “Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 1 Karangsambung Kabupaten Kebumen.” eprints.iainu-kebumen.ac.id, 2021. http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/197/1/1.COVER.pdf.

Anwar, C. “Kajian Literatur: Pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada Materi Pendidikan Agama Islam.” EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan łdots, 2021. http://www.educasia.or.id/index.php/educasia/article/view/59 https://www.educasia.or.id/index.php/educasia/article/download/59/41.

Destriani, Destriani. “Inovasi pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di SMK Negeri 1 Rejang Lebong.” INCARE, International Journal of Educational Resources 2, no. 6 (2022): 614–30.

———. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Menuju Society Era 5.0.” INCARE, International Journal of Educational Resources 2, no. 6 (2022): 647–64.

Sumarni, Yayuk, dan Ahmad Muhibbin. “MENGINTEGRASIKAN TEKNOLOGI AI UNTUK PEMBELAJARAN PKN YANG INTERAKTIF DI SEKOLAH DASAR.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9, no. 4 (2024): 223–39.

Tobib, Ahmad Syafak Khoirut, Agus Pahrudin, dan Agus Jatmiko. “REKONSTRUKSI KURIKULUM PAI: MENJAWAB TANTANGAN ZAMAN DENGAN PRINSIP PENDIDIKAN BERKELANJUTAN.” Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan 12, no. 03 (2024). https://jurnal.balitbangda.lampungprov.go.id/index.php/jip/article/view/686.

Downloads

Published

2024-01-22

Issue

Section

Articles