Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Green Islam untuk Meningkatkan Kesadaran Lingkungan
Keywords:
Pendidikan Agama Islam, Green Islam, kesadaran lingkungan, keberlanjutan, pembelajaran inovatif.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis Green Islam dalam meningkatkan kesadaran lingkungan siswa. Green Islam adalah konsep yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam dengan prinsip keberlanjutan dan tanggung jawab terhadap lingkungan. Pendekatan ini diharapkan mampu menanamkan pemahaman mendalam mengenai pentingnya menjaga lingkungan sebagai bagian dari ibadah dan implementasi nilai-nilai keislaman. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan melibatkan dua kelompok siswa, yaitu kelompok eksperimen yang mengikuti pembelajaran berbasis Green Islam dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PAI berbasis Green Islam secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa tentang isu lingkungan, sikap peduli terhadap lingkungan, dan perilaku berkelanjutan. Kesimpulannya, pendekatan ini efektif dalam meningkatkan kesadaran lingkungan siswa serta relevan untuk diterapkan dalam konteks pendidikan modern yang menekankan keberlanjutan.
References
Abdussamad, H. Zuchri, dan M. Si Sik. Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press, 2021. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=JtKREAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=METODE+PENELITIAN+KUALITATIF&ots=vDCzyV45O1&sig=_4YhBSIwAbIiocP3mDOsxnCpj3o.
Ani, Destri, Dewi Purnama Sari, dan Rini Puspita Sari. “Behavioral Learning Theory Applied In PAI Learning At Sdit Juara.” Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan 15, no. 1 (2023): 41–48.
Destriani, Destriani. “Inovasi pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di SMK Negeri 1 Rejang Lebong.” INCARE, International Journal of Educational Resources 2, no. 6 (2022): 614–30.
———. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Menuju Society Era 5.0.” INCARE, International Journal of Educational Resources 2, no. 6 (2022): 647–64.
Islamy, Athoillah. “Pendidikan Islam Multikultural Dalam Indikator Moderasi Beragama Di Indonesia.” Jurnal Analisa Pemikiran Insaan Cendikia 5, no. 1 (2022): 48–61.
Madina, Sahmin. “Teologi Ekologis: Peran Agama dalam Menginspirasi Gerakan Lingkungan.” Farabi 18, no. 2 (2021): 193–206.
Masyhadi, Masyhadi. “Peran Ushul Fiqh dalam Menangani Isu Hukum Lingkungan dalam Perspektif Islam.” ACTIVA: Jurnal Ekonomi Syariah 7, no. 2 (2024): 12–21.
Prasetiawati, Eka. “Urgensi Pendidikan Multikultur untuk Menumbuhkan Nilai Toleransi Agama di Indonesia.” Tapis: Jurnal Penelitian Ilmiah 1, no. 02 (2017): 272–303.
Ulfan, Muhammad, dan Mustaqim Hasan. “Pendidikan karakter melalui pendidikan agama islam di era revolusi digital.” UNISAN JURNAL 1, no. 5 (2023): 291–300.
Zaky, Raihan, dan Hasrian Rudi Setiawan. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Karakter Kepemimpinan.” Fitrah: journal of Islamic education 4, no. 2 (2023): 232–44.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 nuzul
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.