Mengembangkan Model Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur'an untuk Menghadapi Krisis Moral di Era Globalisasi
Keywords:
pendidikan karakter, Al-Qur'an, krisis moral, era globalisasi, model pendidikan.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pendidikan karakter berbasis Al-Qur'an sebagai solusi dalam menghadapi krisis moral di era globalisasi. Era ini ditandai dengan tantangan moral yang semakin kompleks, seperti degradasi nilai-nilai etika, individualisme, dan hedonisme, yang memengaruhi generasi muda. Pendidikan berbasis nilai-nilai Al-Qur'an menawarkan pendekatan strategis untuk membangun karakter yang kuat dan berlandaskan pada prinsip-prinsip universal seperti kejujuran, tanggung jawab, dan kepedulian sosial. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (research and development) untuk merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi model pendidikan karakter berbasis Al-Qur'an. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model ini efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai moral serta membentuk perilaku yang lebih baik dalam kehidupan sehari-hari. Dengan integrasi Al-Qur'an dalam kurikulum pendidikan karakter, model ini diharapkan mampu menjadi alternatif yang relevan dalam membentuk generasi yang bermoral dan berdaya saing di era globalisasi.
References
Abbas, Afifi Fauzi, dan Abdullah A. Afifi. “Pengembangan Kurikulum Moderasi Islam (Wasathiyyah) dan Karakter Muslim Moderat yang Bertakwa di dalam Lingkungan Muhammadiyah.” AL-IMAM: Journal on Islamic Studies, Civilization and Learning Societies 2 (2021): 7–17.
Abdussamad, H. Zuchri, dan M. Si Sik. Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press, 2021. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=JtKREAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=METODE+PENELITIAN+KUALITATIF&ots=vDCzyV45O1&sig=_4YhBSIwAbIiocP3mDOsxnCpj3o.
Ahmad, Fajri. “Implementasi nilai Pancasila sebagai landasan moral dalam membangun karakter generasi muda Indonesia di era globalisasi.” The Indonesian Journal of Politics and Policy (IJPP) 5, no. 1 (2023): 182–91.
Arief, Muhammad Ihsanul, Maisarah Maisarah, Gt Muhammad Irhamna Husin, Mailita Mailita, Noor Ainah, Muchamad Yusuf, dan Hisyam Ramadhan. “Pengabdian Kepada Masyarakat ‘Moderasi Beragama Untuk Penguatan Karakter Bangsa Di Tingkat Remaja Pada SMAN 2 Martapura Kalimantan Selatan.’” Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 2 (31 Oktober 2022): 62–69. https://doi.org/10.35931/ak.v2i2.1458.
Dacholfany, M. Ihsan. “Reformasi Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Era Globalisasi.” Akademika: Jurnal Pemikiran Islam 20, no. 1 (2015): 173–94.
Destriani, Destriani. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Menuju Society Era 5.0.” INCARE, International Journal of Educational Resources 2, no. 6 (2022): 647–64.
Pewangi, Mawardi. “Tantangan pendidikan islam di era globalisasi.” TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 1 (2016): 1–11.
Putri, Neni, Oma Aprida, Jumira Warlizasusi, Abdul Sahib, dan Destriani Destriani. “Peran Supervisi dalam Meningkatkan Kualitas Manajemen Pendidikan Islam di Sekolah.” Berkala Ilmiah Pendidikan 4, no. 3 (2024): 550–63.
Putri, Neni, Murni Yanto, Muhammad Istan, dan Destriani Destriani. “REVOLUSI TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI ZAMAN GLOBALISASI.” Tarbiyatuna Kajian Pendidikan Islam 8, no. 2 (2024): 214–31.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 telli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.