Pemanfaatan Podcast Sebagai Media Pembelajaran Alternatif dalam Pendidikan Agama Islam di Masa Depan
Keywords:
podcast, pembelajaran alternatif, pendidikan Agama Islam, teknologi pendidikan, era digitalAbstract
Penelitian ini membahas potensi pemanfaatan podcast sebagai media pembelajaran alternatif dalam pendidikan Agama Islam (PAI) di masa depan. Podcast menawarkan fleksibilitas, aksesibilitas, dan format yang menarik, yang memungkinkan siswa belajar kapan saja dan di mana saja. Dalam konteks pendidikan PAI, podcast dapat digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran, refleksi spiritual, diskusi interaktif, dan pengembangan nilai-nilai Islami. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur dan observasi empiris terhadap implementasi podcast dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan podcast tidak hanya meningkatkan minat belajar siswa, tetapi juga memperluas jangkauan pembelajaran ke audiens yang lebih luas. Dengan teknologi yang terus berkembang, podcast memiliki potensi besar untuk menjadi media yang inovatif, efektif, dan relevan dalam menjawab tantangan pembelajaran PAI di era digital. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan pengembangan kurikulum berbasis podcast serta pelatihan bagi pendidik untuk memanfaatkan teknologi ini secara optimal.
References
Abdussamad, H. Zuchri, dan M. Si Sik. Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press, 2021. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=JtKREAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=METODE+PENELITIAN+KUALITATIF&ots=vDCzyV45O1&sig=_4YhBSIwAbIiocP3mDOsxnCpj3o.
Destriani, Destriani. “Inovasi pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di SMK Negeri 1 Rejang Lebong.” INCARE, International Journal of Educational Resources 2, no. 6 (2022): 614–30.
———. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Menuju Society Era 5.0.” INCARE, International Journal of Educational Resources 2, no. 6 (2022): 647–64.
Mandira, I. Made Chandra, Surya Wibawa Suparman, Tjatur Supriyono, Hikmawaty Hikmawaty, Hendra Setiawan Nuryahya, Muhammad Muchlis, dan Armaidy Armawi. “Pendekatan etika terhadap generasi Z melalui media podcast.” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara 5, no. 3 (2024): 3097–3102.
Putri, Neni, Murni Yanto, Muhammad Istan, dan Destriani Destriani. “REVOLUSI TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI ZAMAN GLOBALISASI.” Tarbiyatuna Kajian Pendidikan Islam 8, no. 2 (2024): 214–31.
Rahmawati, Siti Sofiah, Muhammad Miftahur Rahmat Isnaini, dan Canra Krisna Jaya. “Peran Podcast dalam Meningkatkan Aksesibilitas Informasi Keagamaan di Kalangan Gen Z.” Mutiara: Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah 2, no. 6 (2024): 31–43.
Sundari, Elgy. “Transformasi Pembelajaran Di Era Digital: Mengintegrasikan Teknologi Dalam Pendidikan Modern.” Sindoro: Cendikia Pendidikan 4, no. 5 (2024): 25–35.
Susilowati, Evi. “Implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam.” Al-Miskawaih: Journal of Science Education 1, no. 1 (2022): 115–32.
Ummah, Athik Hidayatul, M. Khairul Khatoni, dan M. Khairurromadhan. “Podcast sebagai strategi dakwah di era digital: Analisis peluang dan tantangan.” KOMUNIKE: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam 12, no. 2 (2020): 210–34.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 leni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.