Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Service Learning terhadap Pembentukan Karakter Religius Mahasiswa

Authors

  • lelawati SMPN 1 Pagar Gunung

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Service Learning, Karakter Religius, Mahasiswa, Pembelajaran Inovatif.

Abstract

Pembentukan karakter religius merupakan salah satu tujuan utama Pendidikan Agama Islam (PAI) di perguruan tinggi. Salah satu pendekatan inovatif untuk mencapainya adalah service learning, yaitu metode pembelajaran yang mengintegrasikan kegiatan pengabdian masyarakat dengan proses akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran PAI berbasis service learning terhadap pembentukan karakter religius mahasiswa. Pendekatan ini dirancang untuk memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswa dalam menerapkan nilai-nilai keislaman melalui kegiatan pengabdian masyarakat yang relevan. Melalui metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan data dari observasi, wawancara, dan analisis dokumen, hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis service learning secara signifikan berkontribusi pada penguatan karakter religius mahasiswa. Mahasiswa tidak hanya memahami konsep-konsep agama secara teoritis, tetapi juga mampu menginternalisasikannya dalam kehidupan nyata. Kegiatan pengabdian masyarakat yang terintegrasi dengan pembelajaran PAI membantu mahasiswa mengembangkan sikap empati, tanggung jawab, dan komitmen terhadap nilai-nilai keislaman. Penelitian ini memberikan wawasan baru bagi pendidik dalam merancang metode pembelajaran yang efektif untuk membentuk karakter religius mahasiswa secara holistik.

References

Abdussamad, H. Zuchri, dan M. Si Sik. Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press, 2021. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=JtKREAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=METODE+PENELITIAN+KUALITATIF&ots=vDCzyV45O1&sig=_4YhBSIwAbIiocP3mDOsxnCpj3o.

Amin, M N. “Menggagas Pembelajaran PAI Berbasiskan Multikultural.” Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2020. https://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/Darajat/article/view/581 https://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/Darajat/article/download/581/411.

Arikarani, Yesi, Zainal Azman, Siti Aisyah, Fadillah Putri Ansyah, dan Tri Dinigrat Zakia Kirti. “Konsep Pendidikan Islam Dalam Penguatan Moderasi Beragama.” Edification Journal : Pendidikan Agama Islam 7, no. 1 (31 Juli 2024): 71–88. https://doi.org/10.37092/ej.v7i1.840.

Destriani, Destriani. “Inovasi pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di SMK Negeri 1 Rejang Lebong.” INCARE, International Journal of Educational Resources 2, no. 6 (2022): 614–30.

———. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Menuju Society Era 5.0.” INCARE, International Journal of Educational Resources 2, no. 6 (2022): 647–64.

Gunawan, Ruslan. “Pengaruh Ekstrakurikuler Keagamaan Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Di SMAN 1 Margaasih.” LECTURES: Journal of Islamic and Education Studies 2, no. 1 (2023): 9–21.

Islamy, Athoillah. “Pendidikan Islam Multikultural Dalam Indikator Moderasi Beragama Di Indonesia.” Jurnal Analisa Pemikiran Insaan Cendikia 5, no. 1 (2022): 48–61.

Nanggala, Agil, dan Dianni Risda. “Analisis Visi Dan Konsep Pendidikan Karakter Di Persekolahan Dan Di Perguruan Tinggi Dalam Membentuk Karakter Unggul Generasi Muda.” Jurnal Civic Hukum 8, no. 1 (2023). https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jurnalcivichukum/article/view/23766.

Putri, Neni, Murni Yanto, Muhammad Istan, dan Destriani Destriani. “REVOLUSI TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI ZAMAN GLOBALISASI.” Tarbiyatuna Kajian Pendidikan Islam 8, no. 2 (2024): 214–31.

Rahmawati, Rina Dian, Khusnul Khotimah, Vina Aprilyanti, Aida Fatmawati, dan Lizet Dwi Aprillia. “Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Visual Menggunakan Alat Peraga pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Sumberagung.” Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3, no. 3 (2022): 124–28.

Santi, Santi, Muhammad Redha Anshari, dan Siti Suwarni. “Pendekatan Pembelajaran Berbasis Gaya Belajar dan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Pendidikan Agama Islam dengan Metode Service Learning.” ABDISOSHUM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial Dan Humaniora 3, no. 4 (2024): 254–65.

Downloads

Published

2024-01-22

Issue

Section

Articles