Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Nilai-Nilai Karakter di Sekolah Dasar
Keywords:
Pendidikan Agama Islam, nilai-nilai karakter, sekolah dasar, pembentukan karakter, pembelajaran berbasis nilai.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis nilai-nilai karakter di sekolah dasar. Pendekatan berbasis nilai karakter menjadi penting dalam membentuk kepribadian siswa yang berakhlak mulia, disiplin, jujur, dan bertanggung jawab. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran PAI dilaksanakan melalui berbagai metode, seperti diskusi kelompok, simulasi, dan penguatan positif dalam kegiatan belajar mengajar. Tantangan yang dihadapi mencakup kurangnya kesadaran konsisten dari siswa serta kebutuhan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengintegrasikan nilai karakter secara efektif. Penelitian ini memberikan rekomendasi berupa pelatihan bagi guru dan peningkatan kolaborasi dengan orang tua untuk mendukung pembentukan karakter siswa.
References
Abdussamad, H. Zuchri, dan M. Si Sik. Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press, 2021. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=JtKREAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=METODE+PENELITIAN+KUALITATIF&ots=vDCzyV45O1&sig=_4YhBSIwAbIiocP3mDOsxnCpj3o.
Alinata, Reza, Winda Atika Sari, dan Yuli Kartika Putri. “Makna Pendidikan Dalam Perspektif Islam dan Relevansinya Dengan Pendidikan di Indonesia.” IHSANIKA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 3 (2024): 169–82.
Amin, H. Misbahuddin. “Dakwah Kultural menurut Perspektif Pendidikan Islam.” Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 2 (2020): 71–84.
Arikarani, Yesi, Zainal Azman, Siti Aisyah, Fadillah Putri Ansyah, dan Tri Dinigrat Zakia Kirti. “Konsep Pendidikan Islam Dalam Penguatan Moderasi Beragama.” Edification Journal : Pendidikan Agama Islam 7, no. 1 (31 Juli 2024): 71–88. https://doi.org/10.37092/ej.v7i1.840.
Destriani, Destriani. “Inovasi pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di SMK Negeri 1 Rejang Lebong.” INCARE, International Journal of Educational Resources 2, no. 6 (2022): 614–30.
———. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Menuju Society Era 5.0.” INCARE, International Journal of Educational Resources 2, no. 6 (2022): 647–64.
Irodati, Fibriyan. “Capaian Internalisasi Nilai-Nilai Religius Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” JURNAL PAI: Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam 1, no. 1 (2022): 45–55.
Kholidah, Lilik Nur. “Pola integrasi nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada lembaga pendidikan.” At-Ta’dib 10, no. 2 (2015). https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/459.
Muthoharoh, Miftakhul. “Internalisasi nilai-nilai Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah.” Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 02 (2021): 24–31.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 penjuru
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.