Pengaruh Smartphone Pada Anak Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19
Keywords:
Pengaruh Smartphone, Anak Sekolah dasar dan Smartphone, Media Pembelajaran, Pembelajaran Daring dan Covid-19Abstract
Penggunaan smartphone dalam pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 dianggap sebagai media pembelajaran yang bisa menjadi solusi, agar proses belajar mengajar tetap berjalan. Akan tetapi, penggunaan teknologi pada anak sekolah dasar dalam jangka waktu yang lama tentu memiliki efek samping tersendiri. Paper ini membahas dampak negative dari penggunaan smartphone pada anak sekolah dasar selama terjadi wabah Covid-19. Penelitian ini merupakan studi pustaka (library research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan merupakan Sumber Primer dan Sekunder. Sumber data primer digunakan berupa dokumen dari berbagai penelitian yang telah dilakukan terkait dampak penggunaan smartphone selama Covid-19 berlangsung pada anak sekolah dasar di Indonesia. Adapun data sekunder yang digunakan dari berbagai dokumen, buku, artikel jurnal atau laporan berita resmi dari berbagai sumber yang kredibel terkait tema penelitian ini.
References
Anggraini, Trinita. dan Erine Nur Maulidya, “Dampak Paparan Pornografi pada Anak Usia Dini”, Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 3 No.1, (2020), hal. 45-55. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-athfaal
Chusna, Puji Asmaul. “Pengaruh Media gadget pada Perkembangan Karakter Anak”, Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, Vol. 17, No. 2, tahun 2017, hal. 315-330. https://core.ac.uk/download/pdf/333813602.pdf
Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.
Islamy, Diah Putri. “Pengaruh Penggunaan Smartphone pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Interaksi Sosial Siswa”, Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora, Vol. 7 (1), Februari 2021, hal. 49-60. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sosio/article/download/9076/3746/19274
Nawangsari, Dyah. “Pola-pola Sophistikasi dalam Penyalahgunaan Gadget di Kalangan Anak”, An-Nisa’: Jurnal Kajian Perempuan dan Keislaman, Vol.12, No. 1, April 2019, hal. 113-136. https://media.neliti.com/media/publications/340192-pola-pola-sophistikasi-dalam-penyalahgun-4e8864be.pdf
Ramadhani, Ika Rizki. dkk., “Efek Penggunaan Smartphone Berkelanjutan pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Perilaku Anak”, Jurnal Amal Pendidikan, Vol. 1, No.2 Agustus 2020, hal. 96-105.
Sahelatua, Launard Syaulan. dkk., “Kendala Guru Memanfaatkan Media IT dalam Pembelajaran di SDN Pagar Air Aceh Besar”, Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Unsyiah, Vol. 3 No. 2, 2018, hal. 131-140. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/article/download/8579/3601
Sawitri, Erwin. dkk., “Hambatan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi”, Prosiding: Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 03 Mei 2019, hal. 202-213. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/download/3026/2841
Sikirit, David. “Learning from Home during the COVID-19 Pandemic | UNICEF Indonesia,” Unicef Indonesia, last modified 2020, accessed January 20, 2021, https://www.unicef.org/indonesia/coronavirus/stories/learning-home-during-covid-19-pandemic.
Suswandari, Meidawati. dkk., “Dampak Pembelajaran Daring dalam Motivasi Belajar dan Tingkat Stres Akademik Selama Pandemi Covid-19”, Jurnal Pendidikan, Vol.31, No. 1, Maret 2022, hal. 83-94. https://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp/article/download/2135/1372
Tarigan, Ester Emirita. “Pembelajaran Melalui Media Berbasis ITdi Sekolah Dasar”, Prosiding: Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Vol 3 Tahun 2019, hal. 987-990. http://digilib.unimed.ac.id/37317/2/68.-Ester.pdf
https://www.liputan6.com/tekno/read/689023/gara-gara-game-online-remaja-ini-nekat-bunuh-diri
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Siti Rustika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.