Strategi Dengan Inkuiri Pembelajaran Aqidah Akhlak Untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Hikmah Lampung Tengah
Keywords:
Karakter, Aqidah Akhlcik, Strcitegi InkuiriAbstract
Merupakan salah satu aspek yang penting di era perkembangan zaman sekarang ini adalah pendidikan karakter. Tujuan dari penelitian ini yaitu karakter peserta didik sejak dini dibentuk. Sehingga dengan adanya karakter yang telah tertanam dalam diri peserta didik diharapkan membentengi dirinya dari bahaya perubahan zaman kelak yang akan terjadi. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa dengan strategi inkuiri pembelajaran Aqidah Akhlak dapat membentuk karakteristik peserta didik.
References
AB, Said. 2016. Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri pada Subtcma Gerak den Goya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 16 Banda Aceh. Jumal Pesona Dasar Vol.3, No.4.
Budiyanto, Mangun. 2013. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Farida, Umma, H. Hardivizon, dan Abdurrohman Kasdi. “Menyingkap Maqasid Profetik dalam Hadis tentang Relasi Laki-Laki dan Perempuan.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 5, no. 2 (30 November 2021): 819–42. doi:10.29240/alquds.v5i2.3319.
Hartono. 2014. Pendidik dan Peserta Didik dalam Perspektif Filsafat Pendidikan I›’lam. Jumal Potensia Vol. 13 Edisi 1.
Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.
Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.
Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.
Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.
Kesuma, Dharma, dkk. 2011. Pendidikan Karakter.‘ Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Majid, Abdul dan Dian Andayani. 2011. Pendidikan Karakter Perspektif I›’lam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muliawan, Jasa Ungguh. 2015. Ilmu Pendidikan Islam.‘ Studi Kasus Terhadap Struktur Ilmu,
M, Ramli. 2015. Hakikat Pendidik dan Peserta Didik. Jurnal Tarbiyah Islamiyah Volume 5, Nomor 1.
Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wibowo, Agus. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah (Konsep den Praktik Implcmcntasi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Leni Susanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.