Inovasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Di MIN 1 Lebong
Keywords:
Inovasi, Kurikulum, Pendidikan IslamAbstract
Sebuah lembaga pendidikan akan dianggap berkualitas apabila mempunyai perangkat kurikulum yang aktual. Dalam ranah pendidikan umum dan agama kurikulum berada pada posisi yang sangat sentral sebagai pelumas tercapainya tujuan pendidikan. MIN 1 Lebong merupakan madrasah ternama di Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu. Dengan berbagai macam keunggulan yang dimiliki, tak sedikit orang tua berbondong-bondong menyekolahkan dan menitipkan anak mereka di madrasah ini. Banyak prestasi yang telah ditorehkan MIN 1 Lebong, tentu hal ini diperlukan kecakapan dan kompetensi yang unggul untuk menciptakan keadaan yang luar biasa tersebut. Maka peran kepala madrasah dan jajarannya menjadi penting dalam aktualisasi, inovasi dan pengembangan kurikulum sebagai tolok ukur keberhasilan madrasah ini menjalankan pendidikan Islam di tengah hegemoni kualitas sekolah negeri dan swasta berbasis Islam terpadu. Field research adalah jenis penelitian ini, yakni penelitian yang bertumpu pada pengumpulan data lapangan. Kualitatif adalah bentuk penelitian ini, yaitu penelitian yang menitikberatkan pada kejadian dan fenomena dirasakan oleh subyek penelitian, seperti tingkah laku, pola pikir, perbuatan, dan lain sebagainya. MIN 1 Lebong merupakan lokasi penelitian ini, yang dilaksanakan pada 29-31 Agustus 2022. Pelaksanaan wawancara berjalan selama 60 menit setiap harinya. Kepala Madrasah, Wakil Kurikulum dan guru rumpun PAI menjadi subjek penelitian ini. MIN 1 Lebong telah melakukan inovasi pengembangan kurikulum pendidikan Islam. Hal itu Nampak jelas dari program madrasah yang menonjolkan syiar Islam dan kebutuhan nyata peserta didiknya melalui program kegiatan madrasah ini dan guru telah ikut ambil bagian dalam proses pengembangan kurikulum pendidikan Islam dan yang lebih penting adalah para guru mampu menjalankan dan melaksanakan kurikulum pendidikan Islam dengan maksimal sehingga tujuan pendidikan Islam dapat tercapai secara menyuluruh dan tuntas
References
Addakhil, M. I. J. (2019). Problematika Pengembangan Kurikulum Di Lembaga Pendidikan Islam: Tinjauan Epistimologi. Ta`Limuna: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 01-11. https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/talimuna/article/view/250
Alfarisi, S. (2020). Analisis Pengembangan Komponen Kurikulum Pendidikan Islam di Madrasah Diniyah. Rayah Al-Islam, 4(02), 347-367. https://doi.org/10.37274/rais.v4i02.346
Ashori, M. (2020). Pengembangan Kurikulum Madrasah Di Pesantren. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 41-50. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i1.32
Azis, R. (2018). Implementasi Pengembangan Kurikulum. Inspiratif Pendidikan, 7(1), 44-50. https://doi.org/10.24252/ip.v7i1.4932
Ghazali, M. A. (2019). Ragam Pendekatan Dalam Mengembangkan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI). Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 27-41.
Hazin, M., & Rahmawati, N. W. D. (2021). Kebijakan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam (Studi Histori dan Regulasi di Indonesia). Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 293–310. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v5i2.745
Khumaini, F., Isroani, F., Ni’mah, R., & Mamlu’ah, A. (2022). Kebijakan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam: Kurikulum Dan Pendekatan Humanistik Di Era Digital. Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 8(2), 680–692. https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i2.291
Laksono, T. A., & Izzulka, I. F. (2022). Evaluasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4082-4092. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2776
Nisa, K. (2018). Peran Guru dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Inovatif, 4(2), 44-56. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/view/3480
Nurhidin, E. (2021). Strategi Implementasi Moderasi Beragama M. Quraish Shihab dalam Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 5(2), 115-129. https://doi.org/https://doi.org/10.30736/ktb.v5i2.686
Nurlaeli, A. (2020). Inovasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Pada Madrasah Dalam Menghadapi Era Milenial. Jurnal Wahana Karya Ilmiah, 4(2), 622–644.
Qolbi, S. K., & Hamami, T. (2021). Impelementasi Asas-asas Pengembangan Kurikulum terhadap Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1120–1132. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/511
Salsabila, U. H. (2018). Teori Ekologi Bronfenbrenner Sebagai Sebuah Pendekatan Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 7(1), 139-158.
Sugiana, A. (2019). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dan Implementasinya Di Mts Nurul Ummah Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1), 17-34. https://doi.org/10.14421/jpai.jpai.2019.161-02
Tamam, B. (2020). Inklusif Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Pesantren. Misykat Al-Anwar: Jurnal Kajian Islam Dan Masyarakat, 3(2), 217-252. https://doi.org/10.24853/ma.3.
Utomo, S. T., & Ifadah, L. (2020). Inovasi Kurikulum Dalam Pengembangan Pendidikan. Journal of Research and Thought of Islamic Education, 3(1), 19–38.
Wahid, L. A., & Hamami, T. (2021). Tantangan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam dan Strategi Pengembangannya dalam Menghadapi Tuntutan Kompetensi Masa Depan. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 23-36. https://doi.org/10.18860/jpai.v8i1.15222
Wibowo, E. N. (2020). Model Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Multikultural Dalam Menghadapi Ujaran Kebencian (Studi Prodi PAI Pascasarjana IAIN Surakarta). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 9(2), 89-97.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Dina Margareta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.