Pendidikan Karakter: Antara Peran Madrasah Dan Keluarga

Authors

  • Yusril MIS Darul Hikmah Batu Betumpang, Pulau Besar, Bangka Selatan

Keywords:

Karakter, Keluarga, Madrasah, Pendidikan Karakter

Abstract

Perilaku menyimpang banyak terjadi di sekitar kita. Seperti anak-anak masih di bawah umur dan berstatus pelajar sudah biasa mabuk-mabukan, merokok, mewarnai rambut mereka dengan macam-macam warna, serta anak perempuan lebih suka memakai pakaian yang lebih terbuka karena mengikuti perkembangan zaman. Untuk mengatasi persoalan tersebut, maka penyelenggaraan pendidikan karakter sudah menjadi keharusan Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang peran madrasah dan keluarga dalam pendidikan karakter siswa. Metode dalam penulisan artikel ini menggunakan studi kepustakaan dengan mengolah data yang berasal dari berbagai sumber literatur. Dalam penyelenggaraan pendidikan karakter, madrasah sebagai wadah untuk menampung interaksi antara kepala madrasah, guru, dan tenaga kependidikan dengan peserta didik. Sehingga lingkungan madrasah dianggap sebagai tempat yang mendukung dalam perkembangan kepribadian siswa. Dalam penerapannya di madrasah, peranan kepala madrasah, guru, tenaga kependidikan, pengawas madrasah, harus memiliki pemahaman yang sama terhadap program tersebut. Sehingga dapat diterapkan secara optimal, bekerja sama dengan orang tua siswa. Selain madrasah, keluarga juga sebagai lingkungan yang berpengaruh dalam implementasi pendidikan karakter peserta didik. Keluarga merupakan lingkungan pendidikan yang pertama dan utama bagi seorang individu. Karena di lingkungan ini pertama kalinya seorang individu memperoleh pendidikan. Manusia mengalami proses pendidikan dari lahir bahkan masih dalam kandungan. Lingkungan keluarga dalam hal ini orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan kepribadian anak. Berhasil atau tidaknya pendidikan seorang anak bergantung pada kondisi dalam keluarga, seperti keharmonisan dalam keluarga dan pola asuh orang tua

References

Amaruddin, Hidar, Hamdan Tri Atmaja dan Muhammad Khafid (Peran Keluarga Dan Media Sosial Dalam Pembentukan Karakter Santun Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun X, Nomor 1, April 2020. Hal. 33-48

Andopa, Alpaqih, H. Hardivizon, dan Nurma Yunita. “The Meaning of Nafs in the Qur’an Based on Quraish Shihab’s Interpretation.” AJIS: Academic Journal of Islamic Studies 3, no. 2 (2018): 139–62. doi:10.29240/ajis.v3i2.578.

Anshori, Isa (2017). Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Halaqa: Islamic Education Journal 1 (2), Desember 2017, 63-74

Asmani, Jamal Ma'mur. 2012. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. yogyakarta: Diva Press. Diakses pada 9/9/2022, dari https://www.kajianpustaka.com/2017/12/nilai-tujuan-fungsi-dan-prinsip.html

Buchory dan Swadayani, T.B. 2014. Implementasi Program Pendidikan Karakter di SMP. Jurnal Pendidikan Karakter. Diakses pada 9/9/2022, dari https://www.kajianpustaka.com /2022/08/karakter-pengertian-komponen-faktor-dan-pembentukan.html

Farida, Umma, H. Hardivizon, dan Abdurrohman Kasdi. “Menyingkap Maqasid Profetik dalam Hadis tentang Relasi Laki-Laki dan Perempuan.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 5, no. 2 (30 November 2021): 819–42. doi:10.29240/alquds.v5i2.3319.

Firdausiyah, Umi Wasilatul, dan Hardivizon Hardivizon. “Ideologi Bencana Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Kata Fitnah Pada Surah Al-Anbiya[21]:35 Dengan Teori Ma’na-Cum-Maghza).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 6, no. 2 (31 Desember 2021): 83–94. doi:10.15575/al-bayan.v6i2.13839.

Gunawan, Heri. 2014. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta. Diakses pada 9/9/2022, dari https://www.kajianpustaka.com/2022/08/karakter-pengertian-komponen-faktor-dan-pembentukan.html

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

KBBI Daring. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/karakter diakses tanggal 6 September 2022

Khaironi, Mulianah (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi. Vol. 01 No. 2, Desember 2017, Hal.82-89

Khamalah, Nur (2017). Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Jurnal Kependidikan, Vol. 5 No. 2 November 2017. Hal. 200-215

Kisworo, Budi, dan H. Hardivizon. “Telaah Leksikal, Gramatikal, dan Kontekstual Terhadap Makna Kata Syahida pada QS. al-Baqarah ayat 185.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 4, no. 1 (2020): 163–80. doi:10.29240/alquds.v4i1.1473.

Lickona, Thomas. 2012. Mendidik Untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah dapat Memberikan Pendidikan Sikap Hormat dan Bertanggung Jawab. Jakarta: Bumi Aksara. Diakses pada 8/9/2022, dari https://www.kajian pustaka.com/2022/08/karakter-pengertian-komponen-faktor-dan-pembentukan.html

Lubis, Rahmat Rifai & Miftahul Husni Nasution (2017). Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, Volume 3, Nomor 1, Juni 2017 hal 15-32

Mirzon Daheri dan Idi Warsah (2019). Pendidikan Akhlak: Relasi Antara Sekolah Dengan Keluarga. Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, At-Turats Vol. 13 No.1 (2019) 3 – 20

Mustoip, Sofyan, dkk (2018). Implementasi Pendidikan Karakter. Jakarta: Jakad Publishing Surabaya.

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.

PP Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Rofiq, Ainur dan Ismatun Nihayah (2018). Analisis Peran Keluarga dalam Membentuk Karakter Anak. DOI: 10.31219/osf.io/2k3t9

Rosikum (2018). Peran Keluarga dalam Implementasi Pendidikan Karakter Religius Anak. Jurnal Kependidikan, Vol. 6 No. 2 November 2018

Sholihin, Muhammad, Hardivizon Hardivizon, Deri Wanto, dan Hasep Saputra. “The Effect of Religiosity on Life Satisfaction: A Meta-Analysis.” HTS Teologiese Studies / Theological Studies 78, no. 4 (2022): 10. doi:10.4102/hts.v78i4.7172.

Sirojudin, Akhmad (2019). Manajemen Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI. Volume 6, Nomor 2, September 2019. Hal. 204-219

Sumantri, Muhammad S. & Durotul Yatimah. (2015). Pengantar Pendidikan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka. Hal. 3.15

Taufik, Agus dkk., (2016). Pendidikan Anak di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Ulfa, Mutia dan Na’imah 2020. Peran Keluarga dalam Konsep Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 3(1) 2020, Pages 20-28

UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wulandari, Yeni dan Muhammad Kristiawan (2017). Strategi Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Dengan Memaksimalkan Peran Orang Tua. JMKSP: Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan. Volume 2, No. 2, Juli-Desember 2017. Hal. 290-303

Zulaikah, Siti (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam DI SMPN 3 Bandar Lampung. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 10. No. I 2019. Hal. 83-93

Downloads

Published

2022-10-04

Issue

Section

Articles