Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Media Gambar Foto Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV MI Muhammadiyah Banjarsari Metro Utara Tahun 2022
Keywords:
Hasil Belajar, IPS, Media Gambar FotoAbstract
Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) berfungsi sebagai ilmu pengetahuan untuk mengembangkan kemampuan dan sikap rasional tentang gejala-gejala sosial, serta kemampuan tentang perkembangan masyarakat Indonsesia dan masyarakat dunia di masa lampau dan masa kini, sehingga perlu diberikan kepada semua siswa mulai dari tingkat dasar. Oleh karena itu, diperlukan adanya kegiatan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan yang menempatkan siswa tidak hanya sebagai obyek pembelajaran namun juga bisa sebagai subyek dalam pembelajaran yang berlangsung, sehingga siswa benar-benar paham dan akhirnya dapat memperoleh hasil belajar yang maksimal. Namun pada kenyataannya pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial menjadi mata pelajaran yang kurang diminati siswa karena berbagai macam faktor, diantaranya adalah pola penerapan metode, dan penggunaan media pembelajaran yang kurang sesuai, sehingga hasil belajar pun kurang memuaskan. Untuk itu perlu adanya tindakan untuk memperbaiki keadaan tersebut. Berpedoman hasil observasi awal yang dilakukan peneliti pada tanggal 6 Februari 2022 bahwa hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial semester genap siswa kelas IV MI Muhammadiyah Banjarsari Metro Utara masih rendah. Berdasarkan latar belakang masalah dan identifikasi masalah di atas, maka penelitian tindakan kelas ini akan membatasi pada permasalahan “Penggunaan media gambar foto untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV MI Muhammadiyah Banjarsari Metro Utara Tahun Pelajaran 2021/2022
References
Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran, Bandung: PT.Rosyda Karya, 2011
Andopa, Alpaqih, H. Hardivizon, dan Nurma Yunita. “The Meaning of Nafs in the Qur’an Based on Quraish Shihab’s Interpretation.” AJIS: Academic Journal of Islamic Studies 3, no. 2 (2018): 139–62. doi:10.29240/ajis.v3i2.578.
Asep Herry H, dkk, Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Universitas Terbuka, 2008
Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta: PT.Grafindo Persada, 2004
Etin Solihin, Raharjo, Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS, Jakarta: Bumi Aksara, 2009
Farida, Umma, H. Hardivizon, dan Abdurrohman Kasdi. “Menyingkap Maqasid Profetik dalam Hadis tentang Relasi Laki-Laki dan Perempuan.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 5, no. 2 (30 November 2021): 819–42. doi:10.29240/alquds.v5i2.3319.
Firdausiyah, Umi Wasilatul, dan Hardivizon Hardivizon. “Ideologi Bencana Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Kata Fitnah Pada Surah Al-Anbiya[21]:35 Dengan Teori Ma’na-Cum-Maghza).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 6, no. 2 (31 Desember 2021): 83–94. doi:10.15575/al-bayan.v6i2.13839.
Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.
Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.
Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.
Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.
Kisworo, Budi, dan H. Hardivizon. “Telaah Leksikal, Gramatikal, dan Kontekstual Terhadap Makna Kata Syahida pada QS. al-Baqarah ayat 185.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 4, no. 1 (2020): 163–80. doi:10.29240/alquds.v4i1.1473.
Mahmud, Pengertian media gambar, http://mahmudsapsalbrg.wordpress.com
Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.
Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Bumi Aksara, 2005
Sholihin, Muhammad, Hardivizon Hardivizon, Deri Wanto, dan Hasep Saputra. “The Effect of Religiosity on Life Satisfaction: A Meta-Analysis.” HTS Teologiese Studies / Theological Studies 78, no. 4 (2022): 10. doi:10.4102/hts.v78i4.7172.
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Cet 4, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2003
Suharsimi Arikunto et. al, Penelitian Tindakan Kelas, Cet.11, Jakarta: Bumi Aksara, 2012
Trianto, Model Pembelajaran Terpadu, Jakarta: PT.Bumi Aksara, 2010
Usman, M. Basyiruddin-Asnawir, Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers, 2002
Wina Sanjaya, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: PT. Kencana Perenada Media Group, 2008
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Supiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.