Hubungan Pembelajaran Akidah Akhlak Dan Pembentukan Karakter Siswa Di MIS Ath-Thohiriyah Batanghari

Authors

  • Ani Puji Astuti RA Ath-Thohiriyah Batanghari Jambi

Keywords:

Akidah Akhlak, Pembentukan Karakter

Abstract

Pendidikan mempunyai peranan yang cukup penting dalam membentuk kepribadian dan perilaku siswa. Penelitian ini bertujuan mengkaji hubungan pembelajaran Akidah Akhlak dan pembentukan karakter siswa. Penelitian ini mendiskripsikan mengenai hubungan pembelajaran akidah akhlak dan pembentukan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap masalah pembelajaran akidah akhlak terhadap pembentukan karakter siswa yang dihadapi oleh guru, serta diskripsi dari perencanaan, pelaksanaan dan mengevaluasi permasalahan yang dihadapi oleh guru akidah akhlak. Pengumpulan data menggunakan tehnik interview,observasi, dan dokumentasi. Pengolahan data menggunakan tehnik kualitatif. Tehnik ini digunakan unyuk mengolah data dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hubungan pendidikan karakter pada perencanaan mata pelajaran akidah akhlak masih bersifat mengkarakterkan perencanaan pembelajaran dan belum menunjukkan perencanaan pembelajaran yang berkarakter. 2) Pembentukan karakter dalam pelaksanaan masih bersifat konvensional. Pembelajaran pendidikan karakter dalam pembelajaran masih menunjuk pola yang sama antara pembelajaran pertama dan berikutnya bahkan pelaksanaan penanaman karakter justru tidak relevan dengan materi yang diajarkan oleh guru akidah akhlak tersebut. Hubungan Pembelajaran pendidikan karakter pada tahap evaluasi sudah dilakukan, namun demikian hanya menggunakan satu tehnik yaitu pengamatan.

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta; Rineka Cipta

Djatmika, Rahmat. 1996. Sistem Etika Islam Surabaya; Pustaka Panjimas Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung; Alfabeta

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.

Hidayatullah, M. Furqon. 2010. Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa Surakarta; Yama Pustaka

Koesoema A, Doni. 2010. Pendidikan Karakter : Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta; Grafindo

Mahfudz, Sahal.1994. Nuansa Fiqih Sosial Yogyakarta; LKiS bekerjasama dengan Pustaka Pelajar

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana

Sudjana, Nana. 2009. Dasar-Dasar Proses Relajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Vebrianto, St., et.al. 1993. Kamus Pendidikan. Jakarta; Grasindo

Wahyudin. 2009. Pendidikan Agama Islam Akidah Akhlak, Semarang; PT Karya Toha Putra

Downloads

Published

2022-10-05

Issue

Section

Articles