Hubungan Pembelajaran Akidah Akhlak Dan Pembentukan Karakter Siswa Di MIS Ath-Thohiriyah Batanghari
Keywords:
Akidah Akhlak, Pembentukan KarakterAbstract
Pendidikan mempunyai peranan yang cukup penting dalam membentuk kepribadian dan perilaku siswa. Penelitian ini bertujuan mengkaji hubungan pembelajaran Akidah Akhlak dan pembentukan karakter siswa. Penelitian ini mendiskripsikan mengenai hubungan pembelajaran akidah akhlak dan pembentukan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap masalah pembelajaran akidah akhlak terhadap pembentukan karakter siswa yang dihadapi oleh guru, serta diskripsi dari perencanaan, pelaksanaan dan mengevaluasi permasalahan yang dihadapi oleh guru akidah akhlak. Pengumpulan data menggunakan tehnik interview,observasi, dan dokumentasi. Pengolahan data menggunakan tehnik kualitatif. Tehnik ini digunakan unyuk mengolah data dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hubungan pendidikan karakter pada perencanaan mata pelajaran akidah akhlak masih bersifat mengkarakterkan perencanaan pembelajaran dan belum menunjukkan perencanaan pembelajaran yang berkarakter. 2) Pembentukan karakter dalam pelaksanaan masih bersifat konvensional. Pembelajaran pendidikan karakter dalam pembelajaran masih menunjuk pola yang sama antara pembelajaran pertama dan berikutnya bahkan pelaksanaan penanaman karakter justru tidak relevan dengan materi yang diajarkan oleh guru akidah akhlak tersebut. Hubungan Pembelajaran pendidikan karakter pada tahap evaluasi sudah dilakukan, namun demikian hanya menggunakan satu tehnik yaitu pengamatan.
References
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta; Rineka Cipta
Djatmika, Rahmat. 1996. Sistem Etika Islam Surabaya; Pustaka Panjimas Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung; Alfabeta
Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.
Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.
Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.
Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.
Hidayatullah, M. Furqon. 2010. Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa Surakarta; Yama Pustaka
Koesoema A, Doni. 2010. Pendidikan Karakter : Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta; Grafindo
Mahfudz, Sahal.1994. Nuansa Fiqih Sosial Yogyakarta; LKiS bekerjasama dengan Pustaka Pelajar
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana
Sudjana, Nana. 2009. Dasar-Dasar Proses Relajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido
Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta
Vebrianto, St., et.al. 1993. Kamus Pendidikan. Jakarta; Grasindo
Wahyudin. 2009. Pendidikan Agama Islam Akidah Akhlak, Semarang; PT Karya Toha Putra
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ani Puji Astuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.