Kemampuan Koneksi Matematis Dan Self Esteem Siswa Melalui Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Dikelas V MI Darussalam Bengkulu Tengah
Keywords:
Koneksi Matematis, Self Esteem, Pendidikan Matematika RealistikAbstract
Berdasarakan observasi awal yang dilakukan dikelas V MI Darussalam menunjukan bahwa dikelas tersebut guru belum memperoleh bagaimana gambaran kemamuan koneksi matematis serta self esteem yang dimilliki siswa, ini disebabkan karena belum pernah ada penelitian yang menggambarkan kemampuan koneksi matematis. Pendekatan pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik disinyalir dapat menggembangkan kemampuan koneksi matematis dan self esteem siswa. Penellitian ini dilakukan untuk mengetahui fan mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis dan self esteem siswa, sebelum dan setelah dan penerapan pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Deskritif. Penelitian ini dilaksanakan di MI Darussalam yang berjumlah 32 orang siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Data tes kemampuan koneksi matematis siswa dikumpulkan dengan lembar tes kemampuan koneksi matematis dan data self esteem siswa dikumpulkan dengan lembar angket self esteem siswa. Data dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh gambaran (1) Sebelum penerapan pembelajaran Pendidikan matematika realistic, kemampuan koneksi matematis siswa cenderung rendah, siswa hanya dapat menyebutkan apa yang diketahuidan diminta dalam soal dan penyelesian yang digunakan belum tepat (2) Setelah penerapan Pendidikan matematika realistic siswa mampu menyelesaikan soal dengan tepat, siswa tidak hanya dapat menyebutkan apa yang diketahui dan diminta dalam soal (3) Sebelum penerapan Pendidikan matematika realistic, self esteem yang dimiliki siswa cenderung lemah, siswa tidak memiliki kemampuan yang ada dalam dirinya daam menyelesaikan soal matematika (4) Setelah pembelajaran Pendidikan matematika realistic, siswa memiliki keyakinan dalam dirinya untuk menyelesaikan soal mateamatika
References
Andopa, Alpaqih, H. Hardivizon, dan Nurma Yunita. “The Meaning of Nafs in the Qur’an Based on Quraish Shihab’s Interpretation.” AJIS: Academic Journal of Islamic Studies 3, no. 2 (2018): 139–62. doi:10.29240/ajis.v3i2.578.
Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian suatu tindakan Pratik.Jakarta: Rineka Cipta
Farida, Umma, H. Hardivizon, dan Abdurrohman Kasdi. “Menyingkap Maqasid Profetik dalam Hadis tentang Relasi Laki-Laki dan Perempuan.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 5, no. 2 (30 November 2021): 819–42. doi:10.29240/alquds.v5i2.3319.
Firdausiyah, Umi Wasilatul, dan Hardivizon Hardivizon. “Ideologi Bencana Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Kata Fitnah Pada Surah Al-Anbiya[21]:35 Dengan Teori Ma’na-Cum-Maghza).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 6, no. 2 (31 Desember 2021): 83–94. doi:10.15575/al-bayan.v6i2.13839.
Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.
Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.
Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.
Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.
Herdian. 2010. Kemampuan koneksi Matematis Siswa. Diakses dari: https://herdyo07.wordpress.com/2010/05/27/kemampuan-koneksi-matematik -siswa/
Kisworo, Budi, dan H. Hardivizon. “Telaah Leksikal, Gramatikal, dan Kontekstual Terhadap Makna Kata Syahida pada QS. al-Baqarah ayat 185.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 4, no. 1 (2020): 163–80. doi:10.29240/alquds.v4i1.1473.
Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.
Satria. 2008. Aspek-aspek self esteem. Diakses Dari: https://repository.upi.edu/operator/upload/s pgsd 0810142 chapter2.pdf.
Sholihin, Muhammad, Hardivizon Hardivizon, Deri Wanto, dan Hasep Saputra. “The Effect of Religiosity on Life Satisfaction: A Meta-Analysis.” HTS Teologiese Studies / Theological Studies 78, no. 4 (2022): 10. doi:10.4102/hts.v78i4.7172.
Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik. Yogjakarta: Graha Ilmu
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Dini Armayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.