Pemahaman Siswa Kelas III Pada Pelajaran Matematika Keliling Luas Persegi Dan Persegi Panjang Melalui Penggunaan Alat Peraga Konkret Di MIN 2 Bandar Lampung
Keywords:
Alat Peraga Kongkret; Hasil Belajar.Abstract
Proses pendidikan tidak terlepas dari kegiatan pembelajaran di kelas. Kegiatan pembelajaran sangat ditentukan oleh kerjasama antara guru dan siswa. Guru dituntut untuk mampu menyajikan materi pembelajaran dengan optimal. Oleh karena itu diperlukan kreatifitas dan gagasan yang baru untuk mengembangkan cara penyajian materi pembelajaran di sekolah. Kreativitas yang dimaksud adalah kemampuan seorang guru dalam memilih metode, pendekatan, dan media yang tepat dalam penyajian materi pembelajaran. Dalam pembelajaran matematika, terutama di kelas rendah banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar siswa dan hal-hal yang sering menghambat untuk tercapainya tujuan belajar. Salah satu metode pembelajaran yang diharapkan mampu memberikan bantuan pemecahan masalah dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa adalah dengan menerapkan sistem pembelajaran yang menggunakan alat peraga kongkret, khususnya pada bidang studi matematika. Media berperan sebagai perangsang belajar dan dapat menumbuhkan motivasi belajar sehingga siswa tidak menjadi bosan dalam meraih tujuan belajar yaitu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan pada tahun 2021/2022 dengan subjek penelitian adalah peserta didik yang terdiri dari 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar belajar peserta didik, Pada siklus I, hasil belajar siswa 20,00% dengan kategori baik, pada siklus II hasil belajar siswa 76,00% dengan kategori baik dan pada siklus III hasil belajar siswa mencapai 100% dengan kategori baik. Berdasarkan temuan dan hasil penelitian tindakan kelas, siswa kelas III MIN 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2021/2022, dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga kongkret mampu meningkatkan hasil belajar siswa
References
Andopa, Alpaqih, H. Hardivizon, dan Nurma Yunita. “The Meaning of Nafs in the Qur’an Based on Quraish Shihab’s Interpretation.” AJIS: Academic Journal of Islamic Studies 3, no. 2 (2018): 139–62. doi:10.29240/ajis.v3i2.578.
Aqib, Z. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Yiama Widya.
Arikunto, S. 2000. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bahasa Pecahan Kelas IV SD. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Depdiknas. 2003. Tentang Pengembangan Silabus dan Penilaian Mata Pelajaran Matematika.
Diens. 2012. Teori Belajar Permainan Dienes dalam Pembelajaran Matematika, http://www.masbied.com/2010/03/20/teori-belajar-permainan-dienes- dalam-pembelajaran-matematika/ , diakses tanggal: 26 maret 2012.
Djamarah. 2005. Pengukuran Skala Sika. Bandung: Angkasa.
Farida, Umma, H. Hardivizon, dan Abdurrohman Kasdi. “Menyingkap Maqasid Profetik dalam Hadis tentang Relasi Laki-Laki dan Perempuan.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 5, no. 2 (30 November 2021): 819–42. doi:10.29240/alquds.v5i2.3319.
Firdausiyah, Umi Wasilatul, dan Hardivizon Hardivizon. “Ideologi Bencana Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Kata Fitnah Pada Surah Al-Anbiya[21]:35 Dengan Teori Ma’na-Cum-Maghza).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 6, no. 2 (31 Desember 2021): 83–94. doi:10.15575/al-bayan.v6i2.13839.
Hamalik, Oe 2004, Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, Oe.1997. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamzah, S. 1985. Media Audio Visual. Jakarta: Gramedia.
Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.
Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.
Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.
Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.
Iswadji, D. 2003. Pengembangan Media Alat Peraga Pembelajaran Matematika di SLT. makalah tidak dipublikasikan.
Kisworo, Budi, dan H. Hardivizon. “Telaah Leksikal, Gramatikal, dan Kontekstual Terhadap Makna Kata Syahida pada QS. al-Baqarah ayat 185.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 4, no. 1 (2020): 163–80. doi:10.29240/alquds.v4i1.1473.
Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.
Nasution, N. (2003). Pendidikan Matematika di SD Modul 1-6. Jakarta: Universitas Terbuka.
Peaget. 1979. How children learn mathematics. Second Edition http://books.google.co.id/books/about/How_children_learn_mathematics.h tml?id=lvcpAQAAMAAJ&redir_esc=y. diakses tanggal: 26 maret 2012.
Relevan untuk Pembelajaran Matematika. Jakarta: Depdiknas.
Rohadi, A. 2003. Media Pembelajaran. Departemen Pendidikan Nasional.
Romzah, F. 2006. Penggunaan Alat Peraga Pada Pengajaran Matematika Pokok
Rusffendi, E.T. 1989. Pendidikan Matematika 3. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sardiman. 2004. Interaksi dan Motifasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sholihin, Muhammad, Hardivizon Hardivizon, Deri Wanto, dan Hasep Saputra. “The Effect of Religiosity on Life Satisfaction: A Meta-Analysis.” HTS Teologiese Studies / Theological Studies 78, no. 4 (2022): 10. doi:10.4102/hts.v78i4.7172.
Sugiarto. 1990. Teori-tori Pembelajaran Kognitif dan Proses Pembelajaran yang
Usman, M.B dan Asnawir. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers
Usman, U. 2002.Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Usman, W. 1986 Matematika Manajemen II. Karunika, Jakarta: Universitas Terbuka
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rizki Yolanda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.