Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Papan Dadu pada Materi Peluang
Keywords:
media pembelajaran, peluang, pengembanganAbstract
Penelitian ini akan menghasilkan media pembelajaran manipulatif untuk materi peluang kejadian yang diberi nama Papan Dadu. Penelitian ini tergolong pada penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan yang digunakan pada peneletian ini berdasarkan Borg & Gall. Uji coba media pembelajaran dilaksanakan di kelas XII di Madrasah Aliyah Ibadurrochman Kota Malang. Hasil uji validasi menunjukkan bahwa media valid dengan presentase 84,99%. Sedangan hasil uji coba produk kepada siswa menunjukkan bahwa media dapat dipraktikkan dengan presentase 88,33%. Dengan demikian, media yang dikembangkan memenuhi aspek kualitas yaitu valid dan praktis. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa media dapat memotivasi belajar siswa, membantu siswa untuk memahami konsep matematika, dan menunjang kegiatan belajar siswa.
References
Abramovich, S., Grinshpan, A. Z., & Milligan, D. L. (2019). Teaching Mathematics through Concept Motivation and Action Learning. Education Research International, 2019. https://doi.org/10.1155/2019/3745406
Acharya, B. R. (2017). Factors Affecting Difficulties in Learning Mathematics by Mathematics Learners. International Journal of Elementary Education, 6(2), 8–15. https://doi.org/10.11648/j.ijeedu.20170602.11
Budi, B. S., & Qohar, A. (2021). Pengembangan Media Putaran Peluang pada Materi Peluang Kelas VIII. Briliant : Jurnal Riset Dan Konseptual, 6(3), 505–512.
Fitri, R., Helma, & H. (2014). Penerapan Strategi The Firing Line pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batipuh. Jurnal Pednidikan Matematika Universitas Negeri Padang, 3(1), 18–22.
Gall, M. D., Borg, W. R., & Gall, J. P. (2003). Educational Research: An Introdution, 7th Edition (7th Editio). Boston: Allyn & Boccon.
Huda, R., & Qohar, A. (2021). Student activeness and understanding in mathematics learning using GeoGebra application on the trigonometry ratio topic. AIP Conference Proceedings, 2330(March). https://doi.org/10.1063/5.0043140
Indriani, A. (2020). Investigasi Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Peluang Pendahuluan. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 139–150.
Kenedi, A. K., Hendri, S., Ladiva, H. B., & Nelliarti. (2018). Kemampuan Koneksis Matematis Siswa Sekolah Dasar dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Numeracy, 5(2), 226–235.
Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Ypgyakarta: Deepublish Publisher.
Pereira, J., Wijaya, T. T., Zhou, Y., & Purnama, A. (2021). Learning points, lines, and plane geometry with Hawgent dynamic mathematics software. Journal of Physics: Conference Series, 1882(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1882/1/012057
Prihartini, N., Sari, P., & Hadi, I. (2020). Design Research : Mengembangkan Pembelajaran Konsep Peluang dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Siswa Kelas IX di SMPN 220 Jakarta. JRPMS (Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah), 4(8), 1–8.
Putridayani, I. B., & Chotimah, S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pelajaran Matematika pada Materi Peluang. MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 57–62.
Qohar, A., Susiswo, Nasution, S. H., & Wahyuningsih, S. (2021). Development of Android-Based Mathematics Learning Game on the Topic of Congruence and Similarity. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(9), 52–69. https://doi.org/10.3991/ijim.v15i09.20723
Rahaju, & Hartono, S. R. (2015). Pembelajaran Matematika Berbasis Permainan Monopoli Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2, 130–139.
Rodli. (2019). ( Matematika ) Melalui Kehidupan Nyata. Buletin Jagddhita, 1(2), 2–5.
Suandito, B. (2017). Bukti Informal dalam Pembelajaran Matematika. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 13–23.
Ulfah, U., Prabawanto, S., & Jupri, A. (2017). Students’ Mathematical Creative Thinking through Problem Posing Learning. Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012097
Ulyani, O., & Qohar, A. (2021). Development of manipulative media to improve students’ motivation and learning outcomes on the trigonometry topic. AIP Conference Proceedings, 2330(March). https://doi.org/10.1063/5.0043142
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Fatus Atho'ul Malik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.