Metode Qiroati Untuk Meningkatkan Minat Belajar Al-Qur’an Siswa/i MTs Al-Muhajirin
Keywords:
Metode Belajar, Metode Qiroati, Minat Belajar Siswa, Pembelajaran Al-Qur’an, Membaca Al-Qur’anAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode qiroati dalam
pembelajaran Al-Qur’an, untuk mendeskripsikan teknik penggunaan metode qiroati dalam
pembelajaran Al-Qur’an, dan untuk meningkatkan minat belajar membaca Al-Qur’an. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif. Metode kualitatif adalah Memahami fenomena sosial melalui gambaran holistik dan memperbanyak pemahaman secara mendalam. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, angket/survei dan studi dokumen. Uji validitas data menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode qiroati dalam pembelajaran al-quran memiliki tiga langkah yaitu langkah perencanaan, langkah implementasi dan langkah evaluasi. teknik pengajaran metode qiroati dalam pembelajaran Al-Qur’an yang merupakan teknik sorogan, kelas individu dan kelas membaca & mendengar.
References
Hasan, S., & Wahyuni, T. (2018). Kontribusi Penerapan Metode Qiroati Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Secara Tartil. Al-I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 45–54.
https://doi.org/10.30599/jpia.v5i1.317
Khotimah, S. K. (2019). Upaya Guru Al-Quran Hadits Dalam Meningkatkan Minat Baca Al-Quran Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Tulungagung.
Mulyani, Hetty, and Maryono Maryono. 2019. PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 2 (2), 25-34. Accessed November 22, 2022. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/paramurobi.v2i2.1294.
Riadi, Muchlisin. (2020). Minat Belajar (Pengertian, Unsur, Jenis, Indikator dan Cara Menumbuhkan). Diakses pada 22/11/2022, dari https://www.kajianpustaka.com/2020/05/minat-belajar-pengertian-unsur-jenis-indikator-dan-cara-menumbuhkan.html
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Endeh Juhaeriah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.