Penggunaan Metode Bernyanyi Untuk Meningkatkan Hafalan Asmaul Husna Siswa Kelas VII MTs N 2 Mukomuko
Keywords:
Metode Bernyanyi, Asmaul HusnaAbstract
Dalam pembelajaran Akidah Akhlak memuat materi tentang Asmaul Husna terutama dikelas VII. Tujuan dari pembelajaran ini diharapkan anak-anak dapat memiliki sifat yang terkandung dalam asmaul husna tersebut. Akan tetapi bukan memiliki sifat sama persis melainkan dapat menanamkan sifat tersebut di dalam diri mereka dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Metode menyanyi merupakan cara mencapai pendidikan dalam Islam, salah satunya adalah penanaman akidah yang murni didalam diri anak. Media yang paling penting dalam mengajarkan akidah yang benar kepada anak adalah menyampaikan keyakinan tauhid seperti beriman kepada Allah melalui materi asmaul husna. Metode bernyanyi dapat meningkatkan prestasi tersebut karena siswa kreatif dan merasa senang dalam belajar, serta ikut bertanggungjawab akan suksesnya pembelajaran. Bahwa penerapan startegi bernyanyi dalam pembelajaran memiliki dampak positif dalam meningkatkan motivasi dan minat siswa terhadap pelajaran karena kegiatan berpuat kepada siswa (student oriented) dan bukan bersifat pada guru (teacher oriented). Ini dilihat dari hasil penelitian menunjukan peningkatan yang signifikan, siklus I adalah 50%, siklus II adalah 75%, dan siklu III 90%.
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Basyiruddin Usman, 2002. Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Jakarta: Ciputat Press
Hermawan, A. 2017. Konsep Belajar dan Pembelajaran Menurut Al-Ghazali. QATHRUNÂ, 1(01)
Kusuma, W., & Dwitagama, D. 2010. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT. Jakarta: Indeks.
Mansyur, Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005
Murti, T. 2018. Perkembangan fisik motorik dan perseptual serta implikasinya pada pembelajaran di sekolah dasar. Wahana Sekolah Dasar, 26(1)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Reni Oktaviani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.