Heuristik Sejarah Islam Lokal Bengkulu sebagai Media Belajar Sejarah Kebudayaan Islam
Keywords:
heuristik, islam lokal, sejarah kebudayaan islam, media belajarAbstract
Konsep mata pelajaran sejarah adalah bercerita, hal ini membuat siswa banyak yang mengantuk dan merasa bosan mengikuti pelajaran SKI. Padahal SKI sangat penting untuk dipelajari oleh siswa karena akan memberikan tuntunan dan kebanggan terhadap agama Islam. Diharapkan dengan mempelajari sejarah Islam lokal daerahnya sendiri maka siswa akan meningkat motivasi belajarnya.
Materi sejarah kebudayaan Islam yang sulit di mengerti, materinya sangat luas dan bukti sejarah tidak bisa dilihat secara langsung. Hal ini juga merupakan factor para siswa kurang meminati mata pelajaran SKI.
Sejarah Islam lokal di Bengkulu bukti sejarah atau peninggalam-peninggalannya bisa kita kunjungi dan lihat secara langsung. Ini adalah alasan kenapa penulis menggunakan media sejarah Islam lokal Bengkulu seabagai cerita pemancing minat siswa untuk belajar dan menumbuhkan rasa ingin tahu tentang sejarah Islam baik itu lokal dan global.
Heuristik adalah metode pendekatan atau teknik yang digunakan dalam penelitian sejarah untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang masa lalu. Sejarah dan Kebudayaan Islam merupakan bagian penting yang tidak mungkin dipisahkan dari kehidupan kaum Muslimin dari masa ke masa khususnya bagi pendidikan di madrasah. Betapa tidak, dengan memahami sejarah dengan baik dan benar, baik guru maupun siswa bisa bercermin untuk mengambil banyak pelajaran dan membenahi kekurangan atau kesalahan mereka guna meraih kejayaan dan kemuliaan dunia dan akhirat.
Sebuah penelitian dilakukan berdasarkan tujuan yang ingin dicapai atau mendapatkan jawaban atas pertanyaan atau permasalahan yang muncul yang terkait dengan objek penelitian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak Heuristik Sejarah Islam Lokal Bengkulu sebagai media pembelajaran SKI untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa.
Fokus penelitian ini adalah memanfaatkan sejarah budaya lokal Bengkulu untuk meningkatkan minat belajar sejarah kebudayaan islam. Jenis penelitian ini merupakan penelitian heuristik. Penelitian heuristik dalam konteks metode sejarah adalah kegiatan mencari sumber -sumber, mendapatkan data, atau materi sejarah atau evidensi sejarah.
Langkah-langkah penelitian untuk menjawab permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini, terdiri dari rangkaian pengumpulan data dan teknik pengolahan data. Strategi pengumpulan data meliputi studi literatur, wawancara mendalam (indept-intervew), strategi ini dioperasionalkan menurut sifat data yang ingin diperoleh.
Dengan menggunakan heuristik ini, diharapkan siswa dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang sejarah kebudayaan Islam di Bengkulu dan menghargai warisan budaya yang ada dan meningkatan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam.
References
Lampiran Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 165 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Pada Madrasah, 37
Faisal, Sanafiah. 1990. Penelitian Kualitatif. Malang: Yayasan Asih Asuh.
Gayatri. 2017. Sejarah kebudayaan islam local. Purworejo : wordpress
Gayatri. 2017. Sejarah kebudayaan Isalm. Jakarta : wordpress (https://Gayatrinovalindasujito.Wordpress.Com/2017/10/22/Bicara-Tentang-Sejarah-Kebudayaan-Islam-Dan-Budaya-Lokal/)
https://sumsel.kemenag.go.id/opini/view/409/pentingnya-pelajaran-sejarah-dan-kebudayaan-islam
Ikhsan. 2017.Pentingnya pelajaran sejarah kebudayaan islam. Sumatera selatan : Kemenag
Rohimin,dkk. 2017. Masuk dan berkembangnya islam di Bengkulu. Bengkulu : Pustaka Pelajar
Japaruddin, 2021. Islam dan budaya lokal dalam tradisi tabut. Yogyakarta: samudra biru
Aminudin Muhammad.2019. Perkembangan Islam Di Bengkulu Semasa Pendudukan Kolonial Inggris (1685-1825). Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah
Melki. 2017. Menelusuri Sejarah Islam di Bengkulu. Jakarta: wordpress (https://suluhpergerakan.org/menelusuri-sejarah-islam-di-bengkulu/)
Ismail.2018. Masuk Dan Berkembangnya Islam Di Bengkulu Abad Xvi – Xx. Pasca sarjana Palembang
Imam Bawani, 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan Islam, Sidoarjo: Khazanah Ilmu Sidoarjo
Beni Ahmad Saebeni, 2008. Metode Penelitian, Cet. I, Bandung: Pustaka Setia
Departemen Pendidikan Agama RI, 2004. Pedoman Khusus Sejarah kebudayaan Islam, Jakarta: Departemen Pendidikan Agama RI
Harjanto, 2005. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Novi Puspitasari, Ari Anggola
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.