Penerapan Metode Card Sort Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MI Nurul Hidayah Roworejo Kecamatan Negerikaton Kabupaten Pesawaran

Authors

  • Ageng Prihastoto MI Nurul Hidayah Roworejo

Keywords:

card sort; hasil belajar; Akidah Akhlak

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini berkaitan dengan hasil belajar peserta didik. Hasil belajar adalah hasil dari suatu interaksi tindak belajar mengajar dan biasanya ditunjukkan dengan nilai tes yang diberikan guru. Hasil belajar yang dimaksud dalam skripsi ini adalah nilai tes yang diperoleh peserta didik setelah proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode card sort. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut diatas, penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif digunakan untuk mengolah data setiap siklus berkaitan dengan prosentase kenaikan nilai hasil belajar. Analisis data kualitatif digunakan untuk menganalisis data dari hasil catatan wawancara dan catatan observasi selama penelitian. Mengingat data yang dianalisis berupa tabel, maka penulis menggunakan analisis data secara kuantitatif berdasarkan tabel peningkatan hasil belajar peserta didik melalui metode card sort. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode card sort pada proses pembelajaran Akidah Akhlak, dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VI MI Nurul Hidayah Roworejo Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya penurunan pada peserta didik yang hasil belajarnya rendah atau dibawah KKM ( BELUM TUNTAS) , dari 16 menjadi 2 peserta didik setelah kegiatan siklus I dan II. Adanya peningkatan pada peserta didik yang hasil belajarnya mencapai KKM ( TUNTAS) , dari 4 menjadi 18 peserta didik setelah kegiatan siklus I dan II.

References

Al-hamid, ZH. 1995. Ringkasan Ihya’ Ulumuddin. Jakarta : Pustaka Amani.

Alquran Terjamahan. 2005. Jakarta : Departemen Agama Republik Indonesia.

Arief, A. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta : Ciputat Pers.

Arifin, Z. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia.

Bungin, B. Ed. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif (Aktualisasi Metodologis Kearah Ragam Varian Kontemporer). Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada.

Hamalik, O. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT.Bumi Aksara.

Hartono, 2011, Strategi Pembelajaran Active Learning (Suatu Strategi Pembelajaran Berbasis Student Centred) [online]. Tersedia: www.sanaky.com. [5 April 2015]

Hufad, A. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia.

Khalimi. 2009. Pembelajaran Akidah dan Akhlak. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia.

Narbuko, C., Ahmadi. A. 2009. Metodologi penelitian. Jakarta : Bumi Aksara.

Nasution. 2006. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Sardiman. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Silberman, Melvin L. 2006 Active Learning. 101 Cara Belajar Siswa Aktif .

Supriana. 2009. Metodelogi Studi Islam. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia.

Uno, HB. Teori Motivasi dan Pengukurannya (Analisis di bidang pendidikan). Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Yasin, F. 2008. Dimensi-dimensi Pendidikan Islam. Malang: UIN Malang.

Zaini, Hisyam. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif . Jogjakarta: Pustaka insan.

Zuriah. 2003. Penelitian Tindakan dalam Bidang Pendidikan dan Sosial. Malang : Bayu Media Publishing.

Downloads

Published

2021-04-01

Issue

Section

Articles