Penggunaan Model Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak (Penelitian tindakan kelas pada peserta didik kelas X MAS Plus Miftahul Huda 606 Tahun Pelajaran 2020/2021)

Authors

  • M. Saidi Ali Anwar MAS Plus Miftahul Huda 606, Lampung Selatann

Keywords:

model mind map, meningkatkan hasil belajar, peserta didik

Abstract

Penelitian ini didasarkan dari hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di Madrasah Aliyah Plus Miftahul Huda 606 Kelas X IPS pada pembelajaran Akidah Akhlak materi Taat Kepada orang tua dan guru. peneliti menemukan sebuah masalah yaitu ketika proses pembelajaran siswa hanya sekedar mendengarkan, menyalin materi dari buku paket ke buku tulis, menghafalkan beberapa sub materi dan kemudian mengerjakan soal latihan pada lembar kerja siswa yang telah tersedia. Dan pada proses pembelajarn ini juga masih banyak dijumpai siswa yang melihat pekerjaan dari teman sekelasnya. Disini pembelajaran masih sering menggantungkan sumber ajar pada bahan ajar yang sudah tersedia, sehingga muatan materi yang diberikan kepada siswa masih sangat minim. Selain itu, strategi dan metode yang digunakan selama proses pembelajaran masih kurang kreatif, dikarenakan pembelajaran masih menggunakan metode ceramah dalam prosesnya. Dan hal ini menyebabkan siswa menjadi bosan, mengantuk, bermain dengan temannya dan tidak konsentrasi di dalam kelas. Keterlibatan siswa yang aktif dalam pembelajaran masih belum menyeluruh kepada semua siswa. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah terlaksananya tahap-tahap Pada terhadap proses pembelajaran melalui mind map bagi guru dan aktivitas peserta didik dengan ketercapaian ≥ 95 % dan Siswa ≥ 80 %. Hasil penelitian menunjukkan: hasil Observasi terhadap tahapan pembelajaran adalah 97.3% dan aktivitas bagi siswa 87.5 % dan persentase ketuntasan sejumlah ≥ 86.7 dengan ketuntasan sebanyak 39 peserta didik serta jumlah nilai rata rata 87.6. Pada penelitian ini, penggunaan model mind map dapat meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Respon peserta didik mengenai penggunaan model mind map pada pembelajaran Akidah Akhlak sangat positif. Berdasarkan hal tersebut nampak kecenderungan peserta didik setuju dengan penggunaan model mind map pada pembelajaran Akidah Akhlak.

References

An-Nawawi, Imam. 2005. Hadist Arbain An-Nawawiyah Terjemah Bahasa Indonesia. (Surabaya: AW Publisher)

Arifin, Budi. 2013. Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Motivasi Mata Pelajaran IPA tentang Sumber Daya Alam di Kelas IV MI Wahid Hasyim Tahun Pelajaran 2012/2013. (Yogyakarta: Digilib UINSUKA)

Arikunto, Suharsimi dkk. 2010. Evaluasi Program Pendidikan. (Bandung: Bumi Aksara)

Arikunto, Suharsimi Dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas (Jakarta: Bumi Aksara) Asy Syarifain, Khadim Al-Haramain. 2007. Al-Qur`an dan Terjemahahnya, (Madinah : Kerajaan Arab Saudi).

Buzan, Tony. 2012. Buku Pintar Mind Map. (Jakarta: Gramedia)

Hidayati, Nur. 2011. Media Pembelajaran Interaktif. (Yogyakarta: Fakultas Bahasa dan Seni UNY)

Jones, Brett D. 2012. The Effects of Mind Mapping Activities on Students’ Motivation. (Virginia: International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning)

Kemenag RI. 2016. Buku Guru Akidah Akhlak Kelas X MA. (Jakarta: Kementrian Agama)

Kurniyanto, Rido dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. (Surabaya: Lapis PGMI) Latipah, Herni Wardah. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. (Bandung; Jurnal Pendidikan Perkantoran)

Majid, Abdul dan Dian Andayani. 2005. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi (Konsep Implementasi Kurikulum 2004). (Bandung; PT Remaja Rosdakarya)

Muchsan, dkk. 2015. Akidah Akhlak MA Kelas X MA. (Jakarta: Yudhistira)

Muhammad, Abdullah Bin. 2002. Tafsir Ibnu Kasir Jilid 3, (Bogor: Pustaka Imam Syafi`I)

Downloads

Published

2021-04-01

Issue

Section

Articles