Upaya Peningkatan Hasil Belajar Aqidah Akhlak melalui Metode Make A Match Untuk Siswa Kelas IV MI Ma’arif NU Padangjaya

Authors

  • Nur Lalea Masfiyah IAIN Curup
  • Destriani Destriani Institut Agama Islam Negeri Curup

Keywords:

hasil belajar, aqidah akhlak, make a match

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan prestasi belajar Aqidah Akhlak melalui model pembelajaran Make a match untuk siswa kelas IV MI Ma’arif NU Padangjaya semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dokumentasi dan data dianalisis secara deskriptif. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus yakni siklus I siklus II  dan siklus III. Subjek penelitian adalah 24 orang siswa kelas IV MI Ma’arif NU Padangjaya tahun  pelajaran 2023/2024. Setelah dilakukan penelitian di kelas IV MI Ma’arif NU Padangjaya, hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Make a match mengalami peningkatan, yaitu pra siklus rata-rata 65,6 dengan ketuntasan 37,5%, siklus I rata-rata 80 dengan ketuntasan 75%, siklus II rata-rata 87,5 dengan ketuntasan 91,6%, dan siklus III rata-rata 94,2 dengan ketuntasan 100%. Dengan demikian, model pembelajaran Make a match dapat meningkatkan hasil belajar akidah akhlak siswa kelas IV MI Ma’arif NU Padangjaya semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024.

References

Arikunto, S.(2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Oemar Hamalik, (2010), Proses Belajar Mengajar, Jakarta : PT Bumi Aksara.

Salminawati, (2011), Filsafat Pendidikan Islam, Bandung : Citapustaka Media Perintis.

Rosdiana A.Bakar, (2009), Pendidikan Suatu Pengantar, Bandung : Citapustaka Media Perintis.

Komalasari, Kokom. (2017). Pembelajaran kontekstual: konsep dan aplikasi, Bandung: Refika Aditama.

Mulyatiningsih, Endang. (2011). Metode Penelitian Terapan bidang pendidikan, Bandung : CV. Alfabeta.

Rusman. (2018). Model-model Pembelajaran, Depok: Raja Grafindo Persada.

Istarani, (2012), 58 Model Pembelajaran Inovatif, Medan: Media Persada.

Agus Suprijono, (2010), Cooperatif Learning, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suyadi, (2013), Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Slameto, (2016), Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nana Sudjana, (2010), Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Slameto, (2010), Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Kencana.

Bukhari Umar, (2012), Hadis Tarbawi, Jakarta: Impi Bumi Aksara.

Kunandar, (2014), Penilaian Autentik, Jakarta: PT Raja Grafindo.

Purwanto, (2011), Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2023-08-22

Issue

Section

Articles