Peningkatan Keterampilan Proses Sains dengan Metode Disukusi dan Media Benda-Benda Terdekat

Penelitian Pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Lahat kelas 4

Authors

  • Jonsa Ali Muslimin Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Lahat
  • khoirani Rani Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Lahat

Keywords:

Guru Kelas, Pembelajaran IPAS, Kelas 4, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Rendahnya penguasaan kemampuan keterampilan proses sains IPA kemungkinan besar dikarenakan guru kurang tepat dalam memilih cara atau media dalam pembelajaraan. Peneliti melakukan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif di kelas 4 MIN 2 LAHAT. Hasilnya menunjukkan bahwa meningkatkan aktivitas pembelajaran, mempertinggi interaksi antar siswa dan keja sama kelompok, serta meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran IPAS terutama materi Panca Indra.

References

Aqip, Zainal. 2003. Karya Tulis Ilmiah Bandung: Yrama Widya.

Degeng, Nyoman Sudana.1997. Strategi Pembelajaran. Malang: Ikip

Malang.

Depdikbud. 2004. Kurikulum Pendidikan Dasar, Garis-garis Program

Pengajaran (GBPP). Jakarta: Depdikbud.

Hamalik, Umar. 1982. Media Pendidikan. Bandung: Alumni.

Kamisa. 1997. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Kartika.

Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Remaja Rosda Karya.

Wibawa, Basuki. 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Direktorat Tenaga

Kependidikan.

Direktorat Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Kompleks Kemendikbud. Modul Ajar Pembelajaran IPAS. Jakarta : 2023

Downloads

Published

2023-08-22

Issue

Section

Articles