PTK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI TEKS BACAAN PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN METODE SQ3R

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI TEKS BACAAN PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN METODE SQ3R PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Authors

  • Ida Lailiyatin Ida MI Al Ikhlas

Keywords:

Memahami Isi Teks Bacaan, Metode SQ3R

Abstract

Peserta didik banyak yang telah lancar membaca namun tidak dapat memahami isi dari teks bacaan yang telah dibacanya sehingga membutuhkan tindakan perbaikan yang dalam hal ini melalui penerapan metode SQ3R. Penelitian ini merupakan bentuk penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dimana masing-masing siklus dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kuantitatif. Hasil akhir penelitian ini adalah penerapan metode SQ3R dapat meningkatkan kemampuan peserta didik memahami isi teks bacaan pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V MI Al Ikhlas Pemetung Basuki setiap siklusnya rata-rata 42,86% yaitu peserta didik mencapai ketuntasan pada prasiklus sebanyak 3 orang atau 14,29%, 9 orang atau 42,86% setelah tindakan siklus 1 dan 21 orang atau 100% mencapai ketuntasan setelah tindakan siklus 2. Melalui penerapan metode SQ3R peserta didik dapat terlibat aktif mengikuti kegiatan pembelajaran terutama dalam kegiatan berlatih memahami isi teks bacaan sehingga aktivitas belajar peserta didik mengalami peningkatan diiringi peningkatan kemampuan memahami isi teks bacaan.

References

Abdurrahman Atmazaki & Ria Satini. Hubungan Minat Baca dan Motivasi Belajar dengan Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Padang, dalam Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran, Vol. 2 No. 1, (2016).

Asrori, Mohammad. (2018). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Wacana Prima.

Aunurrohman. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Muslich, Mansur. (2019). Melaksanakan PTK Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.

Ngalimun. (2019). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswasa Pressindo.

Rini Agustina& Hariyadi, Penerapan Metode SQ3R dan Metode PQ3R Terhadap Keterampilan Membaca pada Mahasiswa, dalam Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 2 No. 1 (2018).

Sangadji, Etta Mamang. (2015). Metodologi Penelitian; Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: Andi Offside.

Suandi, I.N., Pengaruh Penerapan Metode SQ3R dan Teknik Klose terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa, dalam Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, Vol. 2, No. 1, (2018).

Suyatno. (2020). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.

Tarigan, Hendry Guntur. (2018). Membaca Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Zuleha, Siti. (2012). Pembelajaran Bahasa Indonesaia di Sekolah Dasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Zulhidah. (2019). Strategi Pembelajaran Reading Comprehension. Pekanbaru: Pusaka Riau.

Downloads

Published

2023-08-19

Issue

Section

Articles