PERSPEKTIF PEDAGOGIK DALAM KURIKULUM MERDEKA SERTA PEMBANGUNAN PENDIDIKAN MERDEKA BELAJAR ATAU TELAAH METODE PEMBELAJARAN

(Studi Perspektif Pedagogik Kurikulum Merdeka Pada MIN 5 Lahat)

Authors

  • MARIAM MIN 5 LAHAT

Keywords:

PPG, SERTIFIKASI, GURU KELAS, MADRASAH IBTIDAIYAH, CURUP, UIN CURUP

Abstract

Artikel ini untuk meningkatan pemerataan mutu pendidikan telah menjadi tantangan utama bagi pemerintah untuk waktu yang cukup lama dalam membangun dunia pendidikan di Indonesia. Kurikulum ini diharapkan dapat menjadi jawaban atas permasalahan rendahnya kemampuan literasi dasar peserta didik dan akan diterapkan secara menyeluruh di seluruh tingkatan sekolah pada tahun 2024 mendatang. Perubahan kurikulum ini sangan berdampak positif bagi guru dan siswa. Adapun yang harus disesuaikan oleh guru antara lain adalah kompetensi yang dimilikinya, khususnya kompetensi pedagogic dan guru harus mampu menelaah pembelajaran dalam basis kurikulum merdeka. Melalui metode penelitian kajian literatur yang dilakukan pada tahun 2022 dan, peneliti mengidentifikasi kemampuan pedagogik apa saja yang perlu ditingkatkan oleh guru dalam penerapan kurikulum merdeka secara optimal dan bagaimana guru mampu menelaah metode pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pedagogik yang perlu ditingkatkan oleh guru antara lain adalah pemahaman terhadap teori belajar konstruktivisme, kemampuan menyusun dan menentukan pendekatan untuk projek profil pelajar Pancasila dan penggunaan asesmen formatif secara luas dalam penilaian pembelajaran. Adapun Menelaah metode pembelajaran dalam pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar. Pendidikan Merdeka Belajar merupakan respon terhadap kebutuhan sistem pendidikan pada era Revolusi Industri 4.0. Di era Revolusi Industri 4.0 kebutuhan utama yang ingin dicapai dalam sistem pendidikan atau lebih khusus dalam metode pembelajaran yaitu siswa atau peserta didik memiliki penguasaan terhadap literasi baru. Literasi baru tersebut yaitu : Pertama, literasi data. Kedua, literasi teknologi. Ketiga, literasi manusia. Selain itu, dalam sistem Pendidikan Merdeka Belajar tetap mengutamakan juga pendidikan karakter. Maka dalam penelitian ini, metode pembelajaran di era Revolusi Industri 4.0 dapat menentukan kesuksesan pembelajaran. Dan metode yang digunakan beragam, namun dalam sistem pendidikan merdeka belajar metode Blended Learning sangat ideal sebagai metode pembelajaran. Metode Blended Learning yaitu menggabungkan keunggulan pembelajaran yang dilakukan baik  secara tatap-muka maupun secara virtual. Dalam penelitian ini menguatkan teori dari Peter Fisk tentang tren kecenderungan pendidikan pada era industry 4.0. Artikel ini menggunakan penelitian pustaka (library research). Dengan sumber laporan hasil penelitian, majalah ilmiah, surat kabar, buku yang relevan, hasil-hasil dari narasumber, surat-surat kepustakaan dan lain sebagainya.

References

Direktorat PAPBN Kementerian Keuangan, “Anggaran Pendidikan,” 2019.

E. Wicaksono, “Pentingnya Peningkatan Kualitas Anggaran Pendidikan di

Indonesia,” Sehat, Adil, dan Mandiri, p. 25.

L. Hakim, “Pemerataan Akses Pendidikan bagi Rakyat Sesuai dengan Amanat

Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional,” Edu Tech Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, vol. 2, no. 1, 2016.

L. Manurung, “Sejarah Kurikulum di Indonesia,” Jurnal Ilmiah Wahana

Pendidikan, vol. 5, no. 2, pp. 88–95, 2019.

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. Kajian Akademik Kurikulum

untuk L. Manurung, “Sejarah Kurikulum di Indonesia,” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, vol. 5, no. 2, pp. 88–95, 2019.

Ahmad, Fandi. (2015). Pemikiran KH. Ahmad Dahlan tentang Pendidikan dan

Implementasinya di SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta tahun 2014/2015. Profetika, Vol 16, No. 2.

Ariyani, Nur Indah. (2014). Digitalisasi Pasar Tradisional Persepektif Teori

Perubahan Sosial. Jurnal Analisa

Sevima.com: (2018). Pengertian dan Manfaat Pembelajaran Blended Learning.

Diakses Pada 1 April 2020. (https://sevima.com/pengertian-dan-manfaat-model-pembelajaran blended-learning/).

Sukardi. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya.

Jakarta: Bumi Askara.

Wulandari, Ayik., Handayani, Putri., Prasetyo, Dody Rahayu. (2019).

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis EMC (Education Mini Club) sebagai Solusi Menghadapi Tantangan Pendidikan dI Era Revolusi Industri 4.0. Thabiea 2 (1).

Downloads

Published

2023-07-31

Issue

Section

Articles