Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang Menarik dan Efektif untuk Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • kullana iain curup

Keywords:

Pendidikan Agama Islam,, model pembelajaran, karakter siswa.

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah model pembelajaran pendidikan Agama Islam yang menarik dan efektif untuk siswa sekolah dasar. Model ini dirancang dengan mempertimbangkan karakteristik perkembangan dan kebutuhan belajar siswa pada usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengembangan kurikulum yang melibatkan tahap perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara dengan guru, dan angket siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Agama Islam di sekolah dasar serta memberikan alternatif model pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik.

References

Ainy, Chusnal. “Strategi Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Komunikasi Matematika.” Didaktis 8, no. 3 (2009): 1–6. http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=530879&val=10893&title=STRATEGI MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA.

Ani, Destri, Dewi Purnama Sari, and Rini Puspita Sari. “Behavioral Learning Theory Applied In PAI Learning At Sdit Juara.” Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan 15, no. 1 (2023): 41–48. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v15i1.786.

Destriani, and Idi Warsah. “PEMANFAATAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU.” SITTAH: Journal of Primary Education 3, no. 2 (2022): 175–90.

Gawise, G, T Tarno, and A A Lestari. “Efektifitas Pembelajaran Model Flipped Clasrooom Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.” EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2021. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/328.

Kurniawan, D, and A Riswanto. “PERUBAHAN PENDIDIKAN SOSIAL MEMAKNAI LAHIRNYA PRODUK HUKUM BARU.” Jurnal Konseling Pendidikan …, 2023. http://ejournal.alkhairat.ac.id/index.php/JKPI/article/view/301.

Mawaddah, Siti, and Ratih Maryanti. “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning).” Jurnal Pendidikan Matematika 4, no. 1 (2016).

Wibowo, D E, A Mahmudi, P Pujiastuti, and ... “Persepsi Penggunaan Flipped Classroom Di Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid 19.” Jurnal Penelitian Ilmu …, 2021. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/view/37920.

Downloads

Published

2023-07-31

Issue

Section

Articles