Penerapan Metode Pendidikan Hiwar (Kajian Materi Dalam Kitab Hadis Arbain An-Nawawiyah)

Authors

  • muhajirin IAIA AL-AZIZIYAH

Keywords:

Keywords: hadis jibril,model hiwar, metode pembelajaran

Abstract

Abstrak

Kajian ini bertujuan untuk membahas metode pembelajaran yang terdapat dalam hadis jibril, serta di lakukan analisi, menelaah hadis yang terdapat dalam hadis AL-Arbain An-nawawi. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian (library research). Penelitian mencatat semua temuan secara umum pada setiap pembahasan penelitian yang di dapatkan dalam literatur – literatur dan sumber – sumber, mengumpulkan buku/kitab secara bertahap. Data-data tersebut dikumpulkan dengan teknik dokumentasi yaitu dengan jalan membaca ( text reading), kemudian mengkaji, mempelajari, dan mencatat literatur yang ada kaitanya dengan fokus kajian. Hasil kajian menunjukkan bahwa dalam hadis jibril metode yang rasulullah pakai dalam mengajari para sahabat tentang agama mereka melalui metode hiwar( dialog) dialok antara malaikat jibril yang bertanya kemudian rasulullah yang menjawab dan di perdengarkan kepada para sahabat yang ada dalam majelis itu, sedikitya Metode hiwar tebagi atas lima yaitu hiwar khitabi, hiwar washfi, hiwar qishashi, hiwar jadali dan hiwar nabawi. Metode dalam hadis Jibril ini juga mencakup berpenampilan baik, menampakkan keakraban, berdialog.

References

DAFTAR PUSTAKA

Alfiah, Hadist Tarbawiy (Pendidikan Islam dan Tujuan Hadist), (Pekanbaru: Al-Mujtahadah Press, 2010),

An-Nahlawi dalam Ahmad Izzan & Saehuddin, Hadist Pendidikan (Konsep Pendidikan Berbasis Hadist), (Bandung: Humaniora, 2016)

Arifin, Ilmu Pendidikan Islam,(Jakarta: Bumi Aksara, 1996)

Ayu, Alif Nanda, Uliviana Restu, and Andin Nesia. Penampilan Sebagai Komunikasi Nonverbal Perempuan dalam Dunia Pekerjaan. Diss. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2019.

Febriati, Anggi Annisa. "Efektivitas komunikasi antar pribadi guru dan siswa dalam mencegah kenakalan siswa di SMA negeri 1 kota Bontang." Jurnal Ilmu Komunikasi 2.4 (2014): 290.

Gulo, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Grasindo, 2002)

Indrawan Irjus, Model Pembelajaran Nabi Muhammad SAW (Hiwar, Analogi, Tasbih dan Amtsal), Al- Afkar Vol. II No. II, Oktober 2013,

Izzan Ahmad & Saehuddin, Hadist Pendidikan,(Bandung: Humaniora, 2016)

Ma'ruf, Ammar. Pengaruh Penampilan Guru PAI dalam Mengajar Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI di MAN 2 Madiun Tahun pelajaran 2015/2016. Diss. STAIN Ponorogo, 2016.

Musa, Khalip, and Hariza Abd Halim. "Kemahiran interpersonal guru dan hubungan dengan pencapaian akademik pelajar (Interpersonal teacher skill and it’s relationship with students’ academic achievement)." Jurnal Pendidikan Malaysia (Malaysian Journal of Education) 40.2 (2015): 89-99.

Risnawati, V. Naniek. "Perlunya Penampilan Dosen dalam Memberikan Kuliah." Jurnal STIE Semarang (Edisi Elektronik) 4.1 (2012)

Siregar, Muhammad Nuh. "Diktat Hadis Tematik I (Iman)." (2020).

Umar Bukhari, Hadist Tarbawi (Pendidikan Dalam Prespektif Hadist).(Jakarta: Amzah,2016)

Zulfikar, Eko. "Anjuran Berpakaian Putih dalam Normativitas Hadis (Studi Takhrij al-Hadis dan Ma’ani al-Hadis)." Diroyah: Jurnal Studi Ilmu Hadis 3.2 (2019).

Downloads

Published

2023-11-29

Issue

Section

Articles