Analisis Nilai Pendidikan Islam dalam Surat Al-Shoff ayat 2-3

Authors

  • desti ani MI Darussalam Kota Prabumulih

Keywords:

Kata Kunci: Nilai Pendidikan Islam, Surat Al-Shoff ayat 2-3

Abstract

Abstrak: Penelitian ini menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam dalam Surat Al-Shoff ayat 2-3 dengan fokus pada penerapan karakter religius, kejujuran, tanggung jawab, disiplin, dan menghindari sifat munafik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelusuran referensi dan literatur dengan pendekatan deskriptif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa surat ini mengajarkan pentingnya keimanan yang lurus, ketaatan terhadap janji dan nazar, disiplin dalam aturan agama, dan menghindari perilaku munafik. Kesimpulan penelitian menggarisbawahi urgensi penerapan nilai-nilai pendidikan Islam sebagai fondasi pembentukan karakter generasi Muslim yang berkualitas. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan pendidikan karakter berbasis agama di berbagai lembaga pendidikan Islam.

 

References

Amin, M. (2018). Pendidikan Islam Era Rasulullah Sebagai Refleksi Pendidikan Islam Kekinian. Tafhim Al-’Ilmi, 10(1), 35–46. https://doi.org/10.37459/tafhim.v10i1.3243

Annur, A., Kurnianto, R., & Rohmadi, R. (2018). Penerapan Karakter Religius Pada Peserta Didik Di Mts Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo. TARBAWI: Journal On Islamic Education, 2(2), 1–11.

Asriadi, A. (2019). Komunikasi Antar Budaya dalam perspektif Al-Qur’an Surat Al-Hujurât Ayat 13. RETORIKA: Jurnal Kajian Komunikasi dan Penyiaran Islam, 1(1), 38–50.

Auliyah, K., Hasan, N., & Dina, L. N. A. B. (2020). Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Ahlakul Karimah Siswa Mts Assaidiyah Ngali Bimanusa Tenggara Barat. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 5(4), 61–68.

Cahyo, E. D. (2017). Pendidikan Karakter Guna Menanggulangi Dekadensi Moral Yang Terjadi Pada Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.17509/eh.v9i1.6150

Diniaty, A. (2013). Urgensi Teori Konseling Dan Perspektifnya Dalam Islam Menjawab Tuntutan Konseling Religius Di Masa Depan. Al-Ta lim Journal, 20(1), 312–232. https://doi.org/10.15548/jt.v20i1.27

Fitri, A. A. (t.t.). Terapan Teori Tentang Konsepsi Manajemen Perspektif Al-Qur’an.

Khotimah, K. (2016). Model Manajemen Pendidikan Karakter Religius di SDIT Qurrota A’yun Ponorogo. Muslim Heritage, 1(2), 371–388.

Sari, I. K., Nasution, L., & Wijaya, C. (2019). Integrasi Pendidikan Nilai Dalam Membangun Karakter Siswa Di Sekolah Dasar Jampalan Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Asahan Provinsi Sumatera Utara. Ristekdik : Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.31604/ristekdik.v4i1.1-11

Trilia, T. (2018). Hubungan Pemenuhan Kebutuhan Dasar Berdasarkan Hirarki Maslow Dengan Motivasi Belajar Siswa Sma. Babul Ilmi Jurnal Ilmiah Multi Science Kesehatan, 9(3).

Downloads

Published

2023-11-29

Issue

Section

Articles