Implementasi Penggunaan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Agama Islam di Mi Al izhar

Authors

  • mukhtari mukh Mi Al izhar

Keywords:

Kata Kunci: Teknologi Informasi , Pembelajaran Agama Islam

Abstract

Abstrak: Pendidikan Agama Islam di tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) memiliki peran strategis dalam membentuk karakter dan identitas keagamaan siswa. Dalam menghadapi dinamika zaman, MI Al Izhar mengimplementasikan Teknologi Informasi (TI) dalam proses pembelajaran Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi keberhasilan, tantangan, dan dampak positif implementasi TI di MI Al Izhar. Temuan utama menunjukkan bahwa penggunaan TI berhasil meningkatkan keterlibatan siswa melalui aplikasi, presentasi multimedia, dan sumber daya daring. Metode pengajaran Agama Islam diperkaya melalui pendekatan visual dan interaktif, menggunakan simulasi interaktif dan video pembelajaran. Meskipun berhasil, terdapat tantangan teknis seperti ketersediaan perangkat keras dan koneksi internet yang tidak stabil, serta ketidaknyamanan awal guru dalam mengadaptasi TI. Dampak positif mencakup peningkatan motivasi siswa melalui aplikasi dan sumber belajar daring. Pembelajaran berbasis TI juga membantu siswa mengaitkan ajaran Agama Islam dengan kehidupan sehari-hari melalui konten yang relevan dan aplikatif. Rekomendasi mencakup peningkatan infrastruktur, pelatihan intensif bagi guru, dan kerjasama lebih erat dengan orang tua melalui platform daring. Keseluruhan, implementasi TI di MI Al Izhar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Agama Islam, mengatasi tantangan, dan memanfaatkan dampak positif teknologi untuk persiapan siswa menghadapi tantangan modern.

References

Abdurrohman, A., & Syamsiar, H. (2017). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Model Keberagamaan Inklusif untuk Mencegah Radikalisme Beragama Dikalangan Siswa SMA. FENOMENA, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.21093/fj.v9i1.789

Arriza, L. (t.t.). Program Studi Pendidikan Matematika.

Chaeruman, U. A. (2019). Merancang Model Blended Learning Designing Blended Learning Model. Jurnal Teknodik, 053–063. https://doi.org/10.32550/teknodik.v17i4.577

Chakam, A. J., Sirojuddin, M., & Hamdani, A. S. (t.t.). Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Video pada Kelas IX SMP Al Furqan Madrasatul Qur`an.

Fajri, A., Imas Kania Rahman, and Santi Lisnawati. (2019). Seterategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa. 12(1), 78-93.

Rahmah, S. (2019). Konsep Membentuk Karakter Anak Berbasis Al-Qur’an. Jurnal Qiroah, 9(1), Article 1.

Rampai, B. (2017). Pengembangan Budaya Akademik Dosen: Hasil Kajian Teoritis dan Hasil Penelitian.

Wanto, S. (2018). KOMPETENSI GURU (Suatu Konsep Teoritis dan Aplikasinya Dalam Proses Belajat Mengajar). Murabbi, 1(2).

Wardhani, N. W., & Wahono, M. (2017). Keteladanan Guru Sebagai Penguat Proses Pendidikan Karakter. Untirta Civic Education Journal, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.30870/ucej.v2i1.2801

Widyawati, E. R. (t.t.). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sebagai Alat Pembelajaran Kekinian bagi Guru Profesional IPS dalam Penerapan Pendidikan Karakter Menyongsong Era Society 5.0.

Downloads

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles