Strategi Kreatif Guru dalam Memperdalam Pemahaman Konsep Etika Islam bagi Siswa di Mis DArul Falah lampung utara

Authors

  • nikma lukluil Mis DArul Falah lampung utara

Keywords:

Kata Kunci: Kreatifitas Guru, Konsep Etika

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mendalami strategi kreatif yang diterapkan oleh guru dalam meningkatkan pemahaman konsep etika Islam bagi siswa di MI Darul Falah Lampung Utara. Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah (MI) memegang peran krusial dalam membentuk karakter dan moralitas siswa dengan konsep etika Islam sebagai landasan utama. Melalui metode kualitatif dengan fokus pada studi kasus di MI Darul Falah, penelitian ini mengidentifikasi bahwa guru-guru menerapkan berbagai strategi kreatif, termasuk penggunaan cerita, permainan peran, dan diskusi kelompok. Temuan menunjukkan bahwa siswa memberikan respons positif terhadap metode pengajaran yang kreatif, menunjukkan peningkatan pemahaman yang signifikan terhadap konsep etika Islam. Namun, keterbatasan sumber daya seperti buku referensi, perangkat teknologi, dan materi ajar interaktif menjadi tantangan bagi sebagian guru. Selain itu, keterbatasan waktu dalam kurikulum yang padat juga mempengaruhi efektivitas penerapan strategi kreatif. Rekomendasi untuk peningkatan melibatkan investasi dalam infrastruktur dan sumber daya pendidikan, pelatihan tambahan bagi guru, serta pengembangan kurikulum yang terintegrasi dengan metode pembelajaran kreatif. Kesimpulannya, penerapan strategi kreatif memberikan dampak positif pada pemahaman siswa terhadap etika Islam, namun perlu adanya upaya lebih lanjut untuk mengatasi keterbatasan dan meningkatkan kondisi pembelajaran secara menyeluruh. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi pada pengembangan pendidikan agama Islam di MI Darul Falah dan lembaga serupa.

References

Aimmah, N. S. (2015). Diajukan untuk Memenuhi Sebagian Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan dalam Ilmu Pendidikan Agama Islam.

Asroni, A. (2011). Membendung Radikalisme, Merajut Kerukunan Umat Beragama: Sebuah Upaya Rekonstruktif terhadap Pengajaran Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum. Penamas, XXIV (1).

Habibi, R. (t.t.). Diajukan Untuk Memenuhi Syarat Memperoleh Gelar Magister Pendidikan Agama Islam.

Marroh, M. A. (t.t.). Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam NegerI Purwokerto 2020.

Nur, S., Purwanto, P., & Santoso, R. B. (2021). Tata Kelola Pembentukan Karakter Siswa di Madrasah Kota Magelang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2). https://doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2662

Ramadhani, D. D. N. (t.t.). Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Di Sman 1 Yosowilangun Lumajang Tahun Ajaran 2022/2023 Skripsi.

Rofiq, M. (2020). Implementasi Nilai-nilai Karakter di Madrasah Ibtidaiyah Melalui Konsep ESQ Learning. MITRA PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 6(2), 139–157. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i2.131

Salam, E. S., & Nurholis, M. (2020). Konsepsi Dan Aplikasi Pendidikan Karakter Di Madrasah Ibtidaiyah (Analisis Kajian Konsep ESQ Ary Ginanjar Agustian). 1.

Solikah, A. (2014). Strategi Peningkatan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Unggulan: Studi Multi Situs di MI Darul Muta’alimin Patianrowo Nganjuk, MI Muhammadiyah 1 Pare dan SD Katolik Frateran 1 Kota Kediri. Didaktika Religia, 2(1). https://doi.org/10.30762/didaktika.v2i1.137

Downloads

Published

2023-11-29

Issue

Section

Articles