Startegi Implementasi Reward dan Punishment Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTSS Al Muhajirin

Authors

  • nurkhasanah sanah MTSS Al Muhajirin

Abstract

Abstrak: Penelitian ini mengkaji strategi implementasi reward dan punishment dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTSS Al Muhajirin. Kedisiplinan siswa adalah faktor penting dalam mencapai efektivitas pembelajaran agama Islam, yang membutuhkan perhatian dan pendekatan yang bijak. Strategi reward memberikan penghargaan positif kepada siswa yang berperilaku disiplin, sementara punishment digunakan sebagai tindakan korektif terhadap perilaku yang melanggar aturan. Penelitian ini mengungkapkan bahwa implementasi reward dan punishment berdampak signifikan terhadap kedisiplinan siswa, meningkatkan partisipasi dalam pembelajaran, dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih tertib. Namun, penting untuk menjalankan strategi ini dengan konsisten dan adil serta mempertimbangkan kebijaksanaan dalam memberikan reward dan punishment. Hasil penelitian ini memberikan panduan yang bermanfaat bagi guru dan staf sekolah dalam mengembangkan pendekatan yang lebih efektif untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dalam konteks pendidikan agama Islam.

References

Amri, Hairul. 2020. “Penerapan Reward Dan Punishment Untuk Meningkatkan Kualitas Diri Dalam Menghapal Al-Qur’an Santri Putra Kelas X Muhammadiyah Bording School (Mbs) Muhiba Yogyakrta.”

AWAL, JUMADIL. 2021. “Strategi Guru Dalam Memberikan Motivasi Belajar Kepada Peserta Didik Di Upt Sma Negeri 5 Sinjai.” Diss. Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai.

Fadli, Rinekso. 2021. “Implementasi Reward Dan Punishment Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Sdit Al Muhsin Metro.” Diss. Uin Raden Intan Lampung.

Julaeha, Siti. 2019. “Problematika Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Karakter.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7 (2): 157.

Ma’shum, Muh. 2011. “Strategi Guru Dalam Menginternalisasikan Nilai Tauhid Pada Siswa Mts Darul Istiqamah Cilallang Kecamatan Kamanre Kabupaten Luwu.” Diss. Institut Agama Islam Negeri Palopo.

Manurung, Taufik Azhar. 2021. “Implementasi Manajemen Mutu Dalam Peningkatan Kompetensi Pendidik Di Madrasah Tsanawiyah Alwashliyah Gading Kota Tanjungbalai.” Diss. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Miftahurrazi, Miftahurrazi, Zurqoni Zurqoni, And Moh Salehudin. 2023. “Strategi Penanaman Konsep Diri Berbasis Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo 1 (45–55).

Mursalim, Muhd. 2019. “Penerapan Reward Dan Punishment Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Islam Al-Falah.” Diss. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Pratiwi, Rolia. 2017. “Penerapan Reward Dan Punishment Dalam Kedisiplinan Siswa SMAN 2 Kuta Baro.” Diss. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Ruslan, Ruslan, Musbaing Musbaing. 2023. “Eksplorasi Peran Pendidikan Islam Dalam Pengembangan Moral: Kajian Pustaka.” Jurnal Sinestesia 13 (1): 331–45.

Sanizha, Della Hirani. 2016. “Analisis Penerapan Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan (Paikem). Pada Bidang Studi Aqidah Akhlak Di Mts Al-Falah Muara Rupit Tahun Ajaran 2015-2016.” Diss. Iain Curup.

Saraswati, Novira. 2022. “Penerapan Metode Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Tokoh& Aliran Ilmu Kalam Siswa Kelas Xi Ips Ma Muhamadiyyah 2 Yanggong Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022.” Diss. Iain Ponorogo.

Septembri, Silvia Putri. 2022. “Implementasi Reward Dan Punishment Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Disiplin Siswa Di MI Ma’arif Mojorejo.” Jetis, Ponorogo. Diss. IAIN Ponorogo.

Siti, Khotijah. 2023. “Penerapan Reward And Punishment Dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas Viii Di Mts Al-Muhajirin Panjang.” Diss. Uin Raden Intan Lampung.

Ulita, Syavira Nur. 2022. “Strategi Guru Al-Qur’an Hadis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Di Man 1 Kota Kediri.” Diss. Iain Kediri.

Downloads

Published

2023-12-01

Issue

Section

Articles