Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Jigsaw Learning Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X IPA MAN Insan Cendekia Bangka Tengah Tahun 2022

Authors

  • Abd. Rahman Sidik MAN Insan Cendekia Bangka Tengah

Keywords:

Hasil Belajar, Model Problem kooperatif Learning

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran Akidah akhlak Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA MAN Insan Cendekia Bangka Tengah sebanyak 95 orang,dengan sampel sebanyak 20 orang siswa. Metodologi penelitian dilakukan melalui observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, pemaparan data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pada tes pra siklus terlihat bahwa tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal hanya mencapai 35% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 7 orang dan 65% dengan jumlah siswa yang belum tuntas sebanyak 13 orang, (2) Pada tindakan siklus I yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran jigsaw diperoleh 15 orang siswa tuntas (75%) dan 5 orang siswa belum tuntas (25%). (3) Pada siklus II, 18 orang siswa yang tuntas (90%) dan hanya 2 orang siswa yang belum tuntas (10%). Maka, pembelajaran Akidah Akhlak dengan menerapkan strategi jigsaw ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Bangka Tengah

References

Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Departemen Agama RI. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Depag

Davis, Ivor K. 1991. Pengelolaan Belajar. Jakarta: Rajawali.

Direktorat Pendidikan Madrasah. Depag. 2007. Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta Depag

Hergenhahn, B.R., & Mattew H. Olson. 2008. Theories of Learning (Teori Belajar), terj. Triwibowo. Jakarta: Kencana

Matthew B. Miles and A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif, terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI-Press.

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.

Robert K. Yin. 2008. Cose Study Research; Design and Methods. Diterjemahkan oleh M. Djauzi Mudzakir, Studi Kasusl Desain dan Metode. Jakarta. Raja Grafindo.

Downloads

Published

2022-06-12

Issue

Section

Articles