Implementasi Model Pembelajaran Inquiry-Based Learning (IBL) Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran PAI di MI Raudhotul Mubarokah

Authors

  • sitimusriah musriah MI Raudhotul Mubarokah

Keywords:

Kata Kunci: Model Pembelajaran Inquiry-Based Learning (IBL), pemecahan masalah, PAI

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak implementasi Model Pembelajaran Inquiry-Based Learning (IBL) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di MI Raudhotul Mubarokah. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini menarik beberapa kesimpulan signifikan. Pertama, penerapan IBL efektif dalam memperkuat kemampuan pemecahan masalah siswa. Proses ini mendorong siswa untuk aktif mencari solusi, menganalisis, dan mengaitkan konsep agama Islam dengan kehidupan sehari-hari. Kedua, IBL menciptakan pembelajaran aktif dan kritis, memotivasi siswa untuk terlibat dalam penemuan mandiri, diskusi, dan pertanyaan. Siswa belajar berpikir kritis, menyajikan argumen logis, dan menjelaskan konsep agama secara kreatif. Ketiga, melalui diskusi dan penelusuran jawaban, siswa membangun kemampuan berargumentasi dan komunikasi dengan menyajikan pandangan mereka secara logis dan mendukungnya dengan referensi dari materi PAI. Keempat, pembelajaran melalui IBL memberikan pemahaman yang lebih relevan dan aplikatif terhadap ajaran agama Islam, memungkinkan siswa mengaitkan konsep agama dengan situasi nyata. Kelima, IBL memberdayakan siswa untuk belajar secara mandiri, meningkatkan kemampuan mengelola waktu dan sumber daya. Keenam, kolaborasi antar-siswa dalam konteks keberagaman latar belakang menciptakan lingkungan pembelajaran yang dinamis dan inklusif. Terakhir, siswa mengalami pemberdayaan dalam pemecahan masalah, memperoleh kepercayaan diri dalam menghadapi kompleksitas materi dan mengambil keputusan dengan mempertimbangkan nilai-nilai keagamaan. Secara keseluruhan, penerapan IBL di MI Raudhotul Mubarokah memberikan kontribusi positif dalam mencapai tujuan holistik pembelajaran PAI dan membuka jalan untuk pengembangan kurikulum yang adaptif dan inklusif.

References

Abdurrohman, A., & Syamsiar, H. (2017). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Model Keberagamaan Inklusif untuk Mencegah Radikalisme Beragama Dikalangan Siswa SMA. FENOMENA, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.21093/fj.v9i1.789

Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konteksual. Prenada Media.

Berahim, T. S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kimia Melalui Model Pembelajaran Inquiry Based Learning (IBL) Pada Kelas X TEI SMK Negeri 5 Gorontalo Tahun Pelajaran 2019/2020. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 1207. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.1207-1214.2021

Latifah, S., Asyhari, A., & Pd, M. (t.t.). Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung 1445 H/2023 M.

Nurjanah, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Dan Operasi Bilangan Anak Usia Dini.

Sukmawati, T. (2020). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Kimia Pada Ma-teri Kesetimbangan Kimia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Based Learning (IBL) siswa kelas XI-IA 5 SMA Negeri 4 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Vokasi (JP2V), 1(3), 307–315. https://doi.org/10.32672/jp2v.v1i3.2295

Downloads

Published

2023-11-29

Issue

Section

Articles