Kreativitas Guru PAI Menerapkan Media Pembelajaran Berbasis IT Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTS Tarbiyah Islamiyah Kerkap

Authors

  • yulda evarita MTS Tarbiyah Islamiyah Kerkap

Keywords:

Kata Kunci: IT, Kreativitas, Media, Motivasi

Abstract

Abstrak: Penumbuhan kreativitas dalam pembelajaran menjadi sangat penting guna meningkatkan keberhasilan dalam belajar dtiambah lagi dengan perkembangan IT yang kian canggih berbgai media pembelajaran akan mudah untuk didapatkan tinggal kembali lagi kepada pengeloaan dalam penyampaian. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui bagaimana kreativias guru PAI menerapkan media pembelajaran berbasis IT dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Tarbiyah Islamiyah Kerkap dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi dan dianalisis menggunakan pendekatan Miles dkk yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini memperoleh simpulan bahwa Kreativitas guru PAI menerapkan media pembelajaran berbasis IT dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Tarbiyah Islamiyah Kerkap bentuk krativitas guru dalam mengajar dengan mempersiapan materi ajar yang tersusun dalam RPP, kemudian mempersiapan materi dan perangkat pembelajaran seperti media pembelajaran yaitu dengan menggunakan media berbasis IT seperti computer, laptop, handphone, infokus atau LCD, speaker. Adapun media yang digunakan seperti powert poin, video, audio, gambar, film. Adapun model pembelajaran PAI yang digunakan dalam menerapkan media pembelajaran berbasis IT dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Tarbiyah Islamiyah Kerkap yaitu dengan menggunakan model simulasi, berbasis masalah, peniruan, picture and ficture, numbered heads together, jigsaw.

References

Ajeng Prahasta Prameswara. 2018. “Penerapan Media Pembelajaran Macromedia Flash Dalam Menigkatkan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Di Smp Muhammadiyah 2 Kalirejo Lampung Tengah.”

Angdreani, Vebri, and Asri Karolina , Idi Warsah. 2020. “Implementasi Metode Pembiasaan : Upaya Penanaman Nilai-Nilai Islami Siswa SDN 08 Rejang Lebong.” AT-TA’LIM Media Informasi Pendidikan Islam 19 (1): 1–21.

Arief, Munakhiroh El Hajar And Zainal Abidin. 2013. “Kreatifitas Guru Pai Dalam Implementasi Kurikulum 2013.”

Asbar, Andi Muhammad. 2018. “Strategi Guru Dalam Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 39 Bulukumba.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan 12 (1): 89. https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.21.

Baharun, Hasan. 2016. “Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Lingkungan Melalui Model.” Cendekia 14 (2): 233.

Budi Waluyo. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Pai BerbasiS ICT.”

Darimi, Ismail. 2017. “Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media.” Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi 1: 111–21.

Dewi Suminar. 2019. “Penerapan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran SosiologI.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. 2 (1).

Dias Syahrul Riyadi, Nukhan Anwar, Risqina Putri Nurhidayati, and Anaas Tri Ridlo Dina Yuliana Tanti Julianti. 2021. “Urgensi Pemanfaatan Media Pembelajaran Pai Berbasis Information And Communication Technologies (Ict) Di Masa Pandemi Covid-19.” Educandum: 7 (1): 116.

Eli Susanti. Sendi, Okni Aisa Mutiara. 2021. “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Google Classroom Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pai Mahasiswa Iain Curup Pada Masa Pandemi Covid-19.” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 6 (2): 165–80.

Febrianto, Arip, and Nurirwan Saputra. 2020. “Efektivitas Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI ) Berbasis Sparkol Videoscribe.” Jurnal Dinamika Informatika 9 (2): 31–41.

Ginanjar, Muhammad Hidayat, Nia Kurniawati. 2017. “Pembelajaran Akidah Akhlak Dan Korelasinya Dengan Peningkatan Akhlak Al-Karimah Peserta Didik." Edukasi Islami.” Jurnal Pendidikan Islam 6 (2): 25.

Hajar, Munakhiroh El, and Zainal Abidin Arief. 2013. “Kreatifitas Guru Pai Dalam Implementasi Kurikulum 2013.”

Halimurosid, Syafe’i, Fathurrohman. 2021. “Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI Di SDN Bingawati Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur Jawa Barat.” Tanzhimuna 1 (1): 19–34.

Heryanto, Lezi, Ahmad Dibul Amda, and Dina Hajja Ristianti. 2020. “Kreativitas Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa” 2 (2): 244–61.

Iriani, Farida. 2019. “Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Dan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Materi PAI Di Sekolah Dasar Creativity of Islamic Education Teachers in Utilizing Learning Media and Students ’ Ability to Understand PAI Mater.” DAYAH: Journal of Islamic Education 2 (2): 168–81.

Kharis, Ahmad. 2019. “Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Berbasis IT Pada Tematik.” Mimbar PGSD Undiksha, no. 2017: 173–80.

Mahmudah, Mila. 2021. “Mengembangkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Melalui Model-Model Pembelajaran.” Jurnal Keislaman 4 (1): 19–31. https://doi.org/10.54298/jk.v4i1.3269.

Mimik Supartini. 2016. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dan Kreativitas Guru Terhadap Prestasi Belajar” 10 (2): 277–93.

Mirzon Daheri, Idi Warsah. 2019. “PENDIDIKAN AKHLAK: RELASI ANTARA SEKOLAH DENGAN KELUARGA.” At-Turats Islam, Jurnal Pemikiran Pendidikan 13 (1): 3–20.

Mustaghfiroh, Hikmatul. 2014. “Hidden Curriculum Dalam Pembelajaran Pai.” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 9 (1): 147–62. https://doi.org/10.21043/edukasia.v9i1.769.

Panut Setiono, and Intan Rami. 2017. “Kreativitas Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Di Kelas V Sekolah Dasar.” JURNAL GENTALA PENDIDIKAN DASAR 2 (2): 219–36.

Rahim, Fanny Rahmatina, and Dea Stevani Suherman. 2019. “Analisis Kompetensi Guru Dalam Mempersiapkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Era Revolusi Industri 4 . 0.” Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP) 3 (2614–1221).

Ramli Abdulla. 2016. “Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran.” Journal, Lantanida 4 (1).

Saepudin, Juju. 2019. “Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Berbasis Pesantren: STUDI KASUS PADA SMP AL MUTTAQIN KOTA TASIKMALAYA.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan 17 (2): 172–87.

Shaleh, Muhammad, and Muh Junadri Jamal. 2018. “Kreativitas Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa.” JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLA 1: 16–28.

Suriansyah, Ahmad. n.d. “Pengembangan Pembelajaran Berbasis Tik (PROSES DAN PERMASALAHANNYA).”

Warsah, Idi, and Nuzuar Nuzuar. 2018. “Analisis Inovasi Administrasi Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Studi Man Rejang Lebong).” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan 16 (3): 263–74.

Warsah, Idi. n.d. “Pendidikan Keluarga Muslim Di Tengah Masyarakat Multi-AgamA : Antara Sikap Keagamaandan Toleransi ( Studi Di Desa Suro Bali Kepahiang-Bengkulu ) A . Pendahuluan Esposito Yang Berpijak Pada Makna Al-Qurān ( QS . 3 : 110 ) Keagamaan Sekaligus Memperkenalkan” 13 (1): 1–24.

———. 2020. Pendidikan Islam Dalam Keluarga: Studi Psikologis Dan Sosiologis Masyarakat Multi Agama Desa Suro Bali. Tunas Gemi.

Yusri. n.d. “Pemanfaatan Media Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Melalui Proses Pembelajaran Berbasis It Dimasa Pandemi Covid-19 Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik.”

Zaenal Arif Pujiwantoro. 2018. “Kreativitas Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Rumpun Pendidikan Agama Islam Di Mi Negeri Watuagung Tambak Banyumas.” Jurnal Tawadhu 2 (2): 641–53.

Downloads

Published

2023-11-29

Issue

Section

Articles