Peran Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Etika Siswa di MI Alquraniyah Manna Bengkulu Selatan

Authors

  • yuni bekti MI Alquraniyah Manna Bengkulu Selatan

Keywords:

Kata Kunci: Pendidikan Agam Islam, Etika Siswa

Abstract

Abstrak: Penelitian ini mengkaji peran Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan etika siswa di MI Alquraniyah Manna, Bengkulu Selatan, dalam konteks era globalisasi. Era globalisasi membawa tantangan signifikan dalam pendidikan agama Islam, di mana siswa terpapar pada beragam nilai, budaya, dan pandangan dunia dari seluruh dunia melalui media dan internet. Peran Pendidikan Agama Islam menjadi penting dalam menjaga integritas nilai-nilai etika Islam dan membentuk karakter siswa yang kuat Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam di MI Alquraniyah Manna menggunakan berbagai strategi dalam pembelajaran, seperti menggunakan contoh kasus nyata, menerapkan prinsip etika dalam kehidupan sehari-hari, dan mengajarkan tanggung jawab dan kedisiplinan. Model pembelajaran yang digunakan mencakup pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis proyek, diskusi etika, pembelajaran berbasis kasus,dan  bermain peran.melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Penelitian ini juga mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi efektivitas pendidikan agama dalam mencapai tujuan pembentukan etika siswa, seperti pengaruh media sosial dan tekanan budaya konsumerisme. Rekomendasi diberikan untuk meningkatkan peran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk moral siswa yang kuat dan etika yang berkualitas. Pendidikan Agama Islam di MI Alquraniyah Manna harus terus mengembangkan strategi pembelajaran yang relevan dengan perkembangan zaman dan tantangan globalisasi, sehingga siswa dapat menjadi individu yang memiliki pemahaman etika Islam yang kuat dan mampu menghadapi perubahan dalam masyarakat yang semakin terhubung.

References

Cyntia, Angelia Nabila. (2023). Implementasi Strategi Guru Pai Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Diri Pada Peserta Didik Kelas Vii Di Smp Al-Huda Jati Agung Lampung Selatan.

Dinda, Rizky Hayati. (2021). Pemanfaatan Media Tiktok Sebagai Media Dakwah Oleh Ikhwan Mukhlis.

Hakim, Lukman. (2012). Internalisasi nilai-nilai agama islam dalam pembentukan sikap dan perilaku siswa sekolah dasar islam terpadu Al-Muttaqin Kota Tasikmalaya. 10(1), 67–77.

Imansyah, Nur. (2022). Peran Orangtua Dalam Membimbing Belajar Anak Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sdn 3 Kotabaru Hilir.

Imelda, Ade. (2017). Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam. 8(2), 227–247.

Jai, Ani Jailani, Chaerul Rochman, N. N. (2019). Peran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter jujur pada siswa. 2(10), 257–26.

M. Arifin, M. A. (2017). Ilmu Pendidikan Islam. Bumi Aksara.

n’Ratnasari, Khurin, Yovita Dyah Permatasari, M. S. (2020). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Sosial Dalam Bermasyarakat. 11, 2.

Pai, A. P. P. A. I. (2018). Pendidikan agama islam. 18(10).

Supriatin, Atin, and Aida Rahmi Nasution. (2017). Implementasi pendidikan multikultural dalam praktik pendidikan di Indonesia. 3(1), 3.1 (2017): 1-13.

Yuhana, Asep Nanang, F. A. A. (2019). Optimalisasi peran guru pendidikan agama Islam sebagai konselor dalam mengatasi masalah belajar siswa. 7(1), 79–96.

Downloads

Published

2023-11-29

Issue

Section

Articles