Optimalisasi Metode Sima’i Dalam Menghafal Al-Qur’an di MIN 3 Metro

Authors

  • Ade Mutoharoh MIN 3 Metro

Abstract

Al-Qur’an adalah sumber utama dinul Islam. Semua urusan agama selalu dikembalikan kepada wahyu Allah swt., maka setiap muslim wajib mempelajari al-Qur’an sesuai dengan kemampuannya. Perlu diketahui bahwa bacaan al-Qur’an merupakan suatu ibadah bagi setiap orang yang membacanya, sehingga suatu kelaziman bagi seorang muslim untuk membacanya. Al-Qur’an bagi umat Islam memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, pendidikan al-Qur’an harus ditanamkan sejak usia dini dengan membaca, menulis, menghafal, dan mengamalkan isi dari al-Qur’an. Penelitian ini membahas mengenai Optimalisasi Metode sima’i dalam menghafal Al-Qur’an di MIN 3 Metro. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini mengenai bagaimana proses dan metode menghafal sima’i dalam kegiatan tahfizh al-Qur’an di MIN 3 Metro sebagai wujud melaksanakan program dan instruksi kepala kantor wilayah provinsi Lampung. Adapun faktor penunjang hafalan siswa di MIN 3 Metro ini yaitu, dengan menerapkan metode yang bagus dan cocok untuk siswa, usia siswa yang ideal untuk menghafal al-Qur’an, serta melakukan evaluasi setiap semester. Untuk faktor penghambat hafalan siswa di sekolah ini yaitu muraja’ah hafalan kurang maksimal pada saat libur sekolah, terlalu terburu-buru dalam menambah hafalan dan tidak sabar dalam menghafal.

References

Hajarman. (2017). Implementasi Metode Sima’i dan Takrir Dalam Meningkatkan Hafalan Alquran di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Bandar Lampung, (Tesis, IAIN Raden Intan Lampung)

http://repository.iainkudus.ac.id/4621/5/5.%20BAB%20II.pdf.

Padang, L. K. (2021) Implementasi Metode Sima’i Dalam Menghafal Al-Qur’an Di Sekolah Smp Jabal Rahmah Mulia Medan, (Skripsi, UMSU)/73e1040df503/pengertian-guru-pembelajar

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.

Downloads

Published

2022-06-12

Issue

Section

Articles