Peran Keluarga dalam Mendukung Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Anak di Sekolah Dasar

Authors

  • mujiyah MTSS .MA`ARIF PAJARESUK PRINGSEWU

Keywords:

Peran Keluarga, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Anak Sekolah Dasar

Abstract

Abstrak: Pendidikan agama Islam menjadi salah satu komponen penting dalam pembentukan karakter anak di Sekolah Dasar. Namun, pembelajaran agama Islam di sekolah tidak cukup untuk memastikan pemahaman yang mendalam. Oleh karena itu, peran keluarga menjadi faktor yang sangat penting dalam mendukung pembelajaran agama Islam anak di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami lebih dalam tentang peran keluarga dalam mendukung pembelajaran pendidikan agama Islam anak di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dengan mengumpulkan data dari sumber-sumber ilmiah yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keluarga memiliki peran yang signifikan dalam membantu anak memahami dan menginternalisasi nilai-nilai agama Islam yang diajarkan di sekolah. Berdasarkan temuan ini, direkomendasikan agar keluarga mengambil inisiatif proaktif dalam melibatkan diri dalam pendidikan agama Islam anak mereka, dengan cara seperti melibatkan mereka dalam kegiatan keagamaan, memberikan waktu untuk belajar bersama, dan memberikan teladan yang baik dalam praktek agama sehari-hari.

References

Amanudin, Nurmalia. “Penerapan Hidden Curriculum Dalam Menjadikan Generasi Qurani Di SDIT Al Istiqomah Puri Kosambi Karawang.” Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta, 2021.

Arfiani, N. “Studi Analisis Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dalam Mengembangkan Berpikir Kritis Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Palu.” Scolae: Journal of Pedagogy, 2019. https://www.ejurnal.stkipdamsel.ac.id/index.php/scl/article/view/34.

Daheri, Mirzon, and Idi Warsah. “Pendidikan Akhlak, Relasi Antara Sekolah Dan Keluarga.” Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam 13, no. 1 (2019): 3–20. http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/atturats.

Destriani. “Inovasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di SMKN Negeri 1 Rejang Lebong.” International Journal Of Educational Resources 2, no. 6 (2022): 614–30.

———. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Menuju Society Era 5.0.” International Journal Of Educational Resources 2, no. 06 (2021): 648–64.

Destriani, Maria Botifar, and Deri Wanto. “Implementing Islamic Religious Education in Vocational Schools’ Curricula.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 10, no. 2 (2023): 274–84. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1167.

Hidayat, Nurul. “Metode Keteladanan Dalam Pendidikan Islam.” Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 2 (2015): 135–50. https://doi.org/10.21274/taalum.2015.3.2.135-150.

Juniarti, E, N Ahyani, and A Ardiansyah. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Disiplin Guru Terhadap Kinerja Guru.” Journal of Education Research, 2020. https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/view/21.

Mulyaningsih, Indrati Endang. “KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR THE INFLUENCE OF SOCIAL INTERACTION OF FAMILY RELATIONSHIP , ACHIEVEMENT MOTIVATION , AND INDEPENDENT LEARNING,” 2014, 441–51.

Ngatiman, Ngatiman, and Rustam Ibrahim. “Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Manarul Qur’an: Jurnal Ilmiah Studi Islam 18, no. 2 (2018): 213–28. https://doi.org/10.32699/mq.v18i2.949.

Pitaloka, Deffa Lola, Dimyati Dimyati, and Edi Purwanta. “Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Toleransi Pada Anak Usia Dini Di Indonesia.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 2 (January 2021): 1696–1705. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V5I2.972.

Rahmi, Nur, and Muhammad Taufik. “Reaktualisasi Ajaran Islam Indonesia (Telaah Pemikiran Harun Nasution Dan A. Mukti Ali).” Philosophy and Local Wisdom Journal (Pillow) 1, no. 1 (December 2022): 67–87. https://doi.org/10.14421/ajis.2006.441.223-240.

Setianto, I. “Peran Majlis Ta’lim Ulul Albab Dalam Mengembangkan Keterampilan Seni Islam Dan Religiusitas Di Man 2 Ponorogo.” etheses.iainponorogo.ac.id, 2019. http://etheses.iainponorogo.ac.id/6812/1/SKRIPSI IRFAN SETIANTO.pdf.

Sugiyanto, Rahmat. “Penerapan Metode Bertanya Dalam Kegiatan Praktek Lapangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Mahasiswa.” Jurnal Geografi 6, no. 2 (2009). https://doi.org/10.15294/jg.v6i2.94.

Tambak, S, and D Sukenti. “Pengembangan Profesionalisme Guru Madrasah Dengan Penguatan Konsep Khalifah.” Hayula: Indonesian Journal of …, 2020. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/hayula/article/view/12238.

Warsah, Idi, Yusron Masduki, Imron, Mirzon Daheri, and Ruly Morganna. “Muslim Minority in Yogyakarta: Between Social Relationship and Religious Motivation.” Qudus International Journal of Islamic Studies 7, no. 2 (2019): 367–98. https://doi.org/10.21043/qijis.v7i2.6873.

Downloads

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles