Strategi Pengembangan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD

Authors

  • mfauzanhs MTsN 2 Lampung Utara

Keywords:

Kreativitas, , Pendidikan Agama Islam, Sekolah Dasar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi pengembangan kreativitas siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar (SD). Kreativitas siswa dianggap sebagai aspek penting dalam memperkuat pemahaman dan pengalaman mereka terkait ajaran agama Islam. Studi ini melibatkan metode penelitian kualitatif yang mencakup observasi kelas, wawancara dengan guru, dan analisis konten terhadap kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian ini memberikan gambaran strategi yang efektif untuk merangsang kreativitas siswa, seperti penggunaan metode pembelajaran berbasis proyek, pemanfaatan teknologi dalam pengajaran agama, dan pengembangan lingkungan kelas yang mendukung kreativitas. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi sumbangan bagi pengembangan pendidikan agama Islam di SD dan memotivasi guru untuk menerapkan strategi yang dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam konteks pembelajaran agama

References

Armando, R. “MEWUJUDKAN KETERAMPILAN 4C SISWA DI ABAD 21 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH.” Researchgate.Net, n.d. https://www.researchgate.net/profile/Romein-Armando/publication/351144991_MEWUJUDKAN_KETERAMPILAN_4C_SISWA_DI_ABAD_21_MELALUI_MODEL_PEMBELAJARAN_BERBASIS_MASALAH/links/608a6eb2458515d315e3544f/MEWUJUDKAN-KETERAMPILAN-4C-SISWA-DI-ABAD-21-MELALUI-MODEL-PEMB.

Aziz, Rahmat, and Retno Mangestuti. “Pengaruh Kreatifitas Dalam Bekerja Terhadap Kebermaknaan Hidup.” Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling 4, no. 2 (2018): 151. https://doi.org/10.26858/jpkk.v4i2.4576.

Destriani. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Menuju Society Era 5.0.” International Journal Of Educational Resources 2, no. 06 (2021): 648–64.

Destriani, Rahmat Yudhi Septian, Nurhayani, Idi Warsah, and Ruly Morganna. “Implementasi Kurikulum Tersembunyi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Rejang Lebong.” Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan 9, no. 1 (2022): 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v9i1.632 Implementasi.

Hiqmatunnisa, Hani, and Ashif Az Zafi. “Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Islam Dalam Pembelajaran Fiqih Di PTKIN Menggunakan Konsep Problem Basic Learning.” Jipis 29, no. 1 (2020): 29. https://doi.org/10.33592/jipis.v29i1.546.

Kamila, M Z. “Penanaman Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Kelas X Melalui Pembelajaran PAI Di SMA Negeri 1 Prambanan.” Skipsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan …. digilib.uin-suka.ac.id, 2013. http://digilib.uin-suka.ac.id/10020/1/BAB I%2C IV%2C DAFTAR PUSTAKA.pdf.

Mujab, A S, R P Irawati, and ... “Pengembangan Modul Bahasa Arab Berbasis Teori Psikologi Perkembangan Remaja Elizabeth B. Hurlock Kelas X MA.” Lisanul Arab: Journal of …. journal.unnes.ac.id, 2018. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/laa/article/view/26068/11592.

Mukhasonah, D. “IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI MADRASAH (GELEM) DALAM PENINGKATKAN BUDAYA MEMBACA DAN MENULIS SISWA DI MTSN 3 ….” … Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 2022. https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/ilmuna/article/view/610.

Rahayu, Ratri. “Peningkatan Karakter Tanggung Jawab Siswa Sd Melalui Penilaian Produk Pada Pembelajaran Mind Mapping.” Jurnal Konseling Gusjigang 2, no. 1 (2016). https://doi.org/10.24176/jkg.v2i1.562.

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta,CV., 2018.

Yanto, Murni, Idi Warsah, Ruly Morganna, Imron Muttaqin, and Destriani. “Intercultural Sensitivity of Educational Management Students as the Future’s Educational Leaders in Indonesia.” International Journal of Sociology of Education 11, no. 3 (2022): 263–90. https://doi.org/10.17583/rise.10483.

Downloads

Published

2023-11-29

Issue

Section

Articles